Aturan Penerimaan Taruna Akmil Direvisi

Metro- 27-09-2022 10:02
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. (Dok : Istimewa)
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Peluang bagi pemuda dan pemudi Indonesia yang ingin menjadi taruna taruni di akademi militer (Akmil), makin terbuka lebar.

Ini seiring dengan sikap Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merevisi aturan Panglima TNI Nomor 31 Tahun 2020 berkaitan dengan penerimaan calon taruna Akmil di tiga matra. Seperti dikutip dari kanal youtube Andika Perkasa di Jakarta, yang dilansir tempo.coSelasa (27/9), menjelaskan revisi pada aturan Panglima TNI Nomor 31 Tahun 2020 ini untuk mengakomodasi kondisi umum remaja Indonesia.

"Perubahan itu sebetulnya lebih mengakomodasi," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada kanal YouTube-nya itu.

Baca Juga

Pada Peraturan Panglima TNI Tahun 2020, menerangkan tinggi badan untuk calon taruna putra ialah 163 sentimeter dan 157 sentimeter untuk calon taruna putri.

"Dengan direvisinya Peraturan Panglima TNI terkait penerimaan calon taruna, maka tinggi badan untuk laki-laki turun menjadi 160 sentimeter dan 155 sentimeter bagi calon taruna perempuan," terang Jenderal TNI Andika Perkasa.

Selain itu, sebutnya, dalam aturan penerimaan calon taruna yang baru batas usia juga diperbaharui oleh Panglima TNI.

"Sebelumnya, setiap calon minimal harus berusia 18 tahun, namun kini calon taruna dan taruni yang berusia 17 tahun 8 bulan diperbolehkan ikut mendaftar," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tersebut.

Komentar