30 Napi Lapas Pemuda Tangerang Jadi Sarjana, 3 Predikat Cumlaude

Metro- 01-10-2022 17:24
Penggeseran tali toga oleh Rektor UNIS kepada Rachmat Sesario yang wisuda dengan IPK 3.92 asal
Penggeseran tali toga oleh Rektor UNIS kepada Rachmat Sesario yang wisuda dengan IPK 3.92 asal "Kampus Kehidupan" Lapas Pemuda Tangerang, Sabtu (1/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Tangerang, Arunala - Sebanyak 30 orang Narapidana Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang resmi menyandang gelar Sarjana.

Ini ditandai dengan ikutnya mereka prosesi wisuda bersama 1.248 mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, di di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Sabtu (1/10).

"Wisuda ini merupakan moment bersejarah karena untuk pertama kalinya sebanyak 30 Narapidana berhasil menjadi sarjana. Hal ini belum pernah terlaksana di Lapas lain di Indonesia," ungkap Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS), Thurman Hutapea, dalam siaran pers diterima Arunala.com , Sabtu siang (1/10).

Baca Juga

Hal lainnya yang tidak kalah membanggakan adalah terdapat 3 tiga mahasiswa dari Fakultas Hukum "Kampus Kehidupan" yang memperoleh predikat cumlaude, atas nama Rachmat Sesario dengan IPK 3,92, Dede Setiawan 3,85 dan Antonius Richard dengan jumlah IPK 3,84.

"Perolehan predikat cumlaude teman-teman warga binaan ini juga merupakan bukti meskipun belajar dari balik jeruji, namun tidak lantas membatasi semangat untuk belajar dan berprestasi bahkan mungkin melebihi mereka mahasiswa yang ada di luar lapas," tambahnya.

Mewakili Menteri Hukum dan HAM serta Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Thurman juga memberikan apresiasi kepada UNIS dan Lapas Pemuda Tangerang yang telah melahirkan Narapidana yang bergelar Sarjana dari balik jeruji.

"Saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat kepada kita semua. Hal ini merupakan prestasi kita bersama yang sangat patut dibanggakan dan harus disebarluaskan. Ini menunjukkan bahwa berada di dalam lapas tidak lantas menutup kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan," ucap Thurman.

"Prestasi ini juga membuktikan bahwa kerja nyata UNIS Tangerang sebagai Perguruan Tinggi yang telah memberikan kontribusi nyata dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dengan memberikan pendidikan dan pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat yaitu warga binaan kami," tukas Thurman.

Komentar