Kominfo Padangpanjang Minta OPD Manfaatkan Medsos

Metro- 02-09-2022 17:36
Diskominfo Kota Padangpanjang saat gelar rapat evaluasi bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dan instansi terkait, Jumat (2/9). (Dok : Istimewa)
Diskominfo Kota Padangpanjang saat gelar rapat evaluasi bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dan instansi terkait, Jumat (2/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpanjang, Arunala.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padangpanjang menggelar rapat evaluasi bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu, Bakohumas dan Wali Data, di Aula Kantor Kominfo setempat, Jumat (2/9).

Rapat yang dibuka Kadis Kominfo, Ampera Salim ini merupakan wujud komitmen terhadap keterbukaan informasi di lingkungan Pemko Padangpanjang.

Selain melakukan evaluasi, pertemuan ini dimanfaatkan guna memberikan sosialisasi serta pengetahuan mengelola data dan informasi agar selalu terkini, mempermudah masyarakat yang membutuhkan layanan terhadap keduanya (baik data maupun informasi).

Baca Juga

Ampera Salim menyampaikan, rapat evaluasi tersebut bakal dilakukan setiap bulannya lantaran amanat dari wali kota dan wakil wali kota.

"Pimpinan menghendaki layanan data dan informasi yang akuntabel dan transparan tersaji dengan baik untuk masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, tiap-tiap OPD diminta memanfaatkan media sosial (medsos) seperti Facebook dan Instagram sebagai sarana penyebarluasan informasi.

"Jadi tidak hanya melalui medsos Kominfo saja, masing-masing OPD mesti melakukan hal yang sama," sebutnya.

Adapun pembahasan pada rapat tersebut di antaranya, evaluasi pengisian portal Satu Data, meng-update data dan informasi melalui medsos masing-masing OPD dengan prinsip 5W+1H, lalu meng-upload DIP (Daftar Informasi Publik) melalui website PPID.

Terdapat tiga kategori data, yaitu data serta merta, data setiap saat, dan data berkala.

Komentar