Unand Kirim Dua Dokter Spesialis ke Pakistan

Metro- 06-10-2022 21:34
Rektor Unand Prof Yuliandri bersama Dekan Fakultas Kedokteran Dr dr Afriwardi SpKO melepas dua tim medis untuk membantu korban banjir Pakistan. (Dok : Istimewa)
Rektor Unand Prof Yuliandri bersama Dekan Fakultas Kedokteran Dr dr Afriwardi SpKO melepas dua tim medis untuk membantu korban banjir Pakistan. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Universitas Andalas (Unand) mengirim sejumlah personel medis sebagai bantuan terhadap masyarakat terdampak banjir bandang dan longsor Pakistan yang menelan hingga 1.500 jiwa pada September lalu.

Utusan yang dikirim untuk melaksanakan misi kemanusiaan tersebut adalah dr Dani Kartika Sri SpOG dan dr Eka Putri SpOG.

Keduanya tergabung dalam tim medis dan paramedis Republik Indonesia yang akan bertugas mulai Oktober hingga awal November 2022 di Pakistan.

Baca Juga

Pemberangkatan tersebut berdasarkan koordinasi antara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kemudian disampaikan dalam bentuk permintaan personel kepada Rektor Universitas Andalas.

Pelepasan dilakukan Rektor Unand, Prof Yuliandri bersama Dekan Fakultas Kedokteran Dr dr Afriwardi SpKO.

"Suatu kehormatan bagi kami menerima permintaan dalam misi kemanusiaan dari BNPB untuk turut serta dalam inisiasi membantu korban bencana di Pakistan," ujar Rektor Prof Yuliandri, kepada Arunala.com , Kamis malam (6/10).

Ia menambahkan, pengiriman dua dokter tersebut terjadi atas hasil koordinasi dengan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ketua Spesialis Kebidanan.

"Kami juga mendoakan mudah-mudahan kedua dokter yang berangkat selamat saat pergi, saat bertugas menangani korban di sana, dan kembali pulang sesuai waktunya," pungkasnya.

Tim medis dan paramedis Indonesia sendiri terdiri dari 29 orang, dan akan terbang ke Pakistan menggunakan paspor khusus pada Kamis, 6 Oktober 2022, melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Komentar