Perantau Sungai Bungin Diajak Investasi Ikan Kerapu

Metro- 04-10-2022 16:04
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Sekkab Pessel Mawardi Roska dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti menyerahkan bantuan ikan kerapu. (Dok : Istimewa)
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Sekkab Pessel Mawardi Roska dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti menyerahkan bantuan ikan kerapu. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Painan, Arunala.com - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengajak para perantau Nagari Koto Nan Duo Sungai Bungin, Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), yang ada di luar negeri untuk berinvestasi budidaya ikan kerapu.

Hal itu dimanfaatkan untuk memperbanyak jumlah Keramba Jaring Apung (KJA).

"Perlu kita ajak para pengusaha yang di perantauan untuk membuat keramba di sini. Untuk urusan benih dan bibit biar pemprov yang bertanggung jawab untuk memfasilitasinya. Diharapkan satu pelaku usaha kerapu di Nagari Koto Nan Duo Sungai Bungin punya 100 KJA," kata Mahyeldi saat penyerahan bantuan bibit dan pakan kerapu di Sungai Bungin, Selasa (4/10).

Baca Juga

Adapun jumlah alokasi bantuan yang diserahkan yakni sebanyak 12.000 ekor benih kerapu bebek, 11.250 ekor benih kerapu cantik, 13.000 kilogram pakan, dan 375 bungkus vitamin. Bantuan itu diperuntukkan untuk enam kelompok usaha ikan kerapu di Nagari Koto Nan Duo Sungai Bungin.

Menurut Gubernur, produksi ikan kerapu mampu mempercepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Untuk itu, Mahyeldi memerintahkan kepada wali nagari Sungai Bungin untuk mendata para perantau di berbagai daerah.

"Apalagi terdapat 50 kepala keluarga yang bergerak di sektor budidaya ikan kerapu ini," tuturnya.

Ia menyarankan satu kepala keluarga membuat 10 KJA sehingga terdapat 500 KJA yang dapat diajukan proposal ke pengusaha yang di perantauan untuk bekerja sama.

"Coba bayangkan satu keramba saja bisa menghasilkan 50 kilo ikan, dengan potensi laut pessel yang luas dan airnya tenang ini untuk memperbanyak hasil panen sangat potensial sekali," ucap Mahyeldi lahi. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, mengucapkan terima kasih atas bantuan benih, vitamin, dan pakan kepada enam kelompok usaha ikan kerapu di Nagari Koto Nan Duo Sungai Bungin.

Dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu dan memotivasi pembudidaya ikan kerapu.

"Di Pessel mayoritas masyarakat tinggal di pesisir pantai, mereka juga yang mendominasi usaha perikanan dan pertanian. Dengan kehadiran Balai Benih Nipah ini besar manfaatnya bagi masyarakat Pessel, khususnya dalam memenuhi kebutuhan bibit ikan. Karena di pessel sendiri banyak terdapat kelompok tani atau pembudidaya udang vaname," ujarnya.

Adapun ke enam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan). Antara lain Pokdakan Batu Hitam, Pokdakan Ujung Katuko, Pokdakan Batu Tindiak, Pokdakan Batu Paku, Pokdakan Mande Rubiah, dan Pokdakan Sumur Gadang.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti mengatakan kegiatan ini didanai melalui APBD Tahun 2022 pada Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar. Melalui program pengembangan perikanan budidaya pada tahun ini, ada 9 Pokdakan memperoleh bantuan

"Enam di antaranya Pokdakan di Pesisir Selatan," paparnya.(*)

Komentar