Pola Hubungan Pengawasan Pemilu Disosialisasikan

Metro- 12-10-2022 11:32
Tiga orang pimpinan Bawaslu Sumbar hadiri sosialisasi tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum di Bukittinggi, Rabu (12/10). (Dok : Istimewa)
Tiga orang pimpinan Bawaslu Sumbar hadiri sosialisasi tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum di Bukittinggi, Rabu (12/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala.com - Para Koordinator sekretarian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten kota se Sumbar, ikuti sosialisasi implementasi Peraturan Bawaslu tentang tata kerja dan pola hubungan pengawasan pemilihan umum.

Kegiatan ini diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Bukittinggi, Rabu (12/10) itu, turut serta dalam sosialisasi ini unsur dari Kesbangpol kabupaten kota.

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumbar, Nurhaida Yetti saat membuka sosialisasi itu menegaskan sesuai jadwal kegiatan verifikasi faktual 15 Oktober hingga 4 November 2022 mendatang, maka menjadi kewajiban Bawaslu provinsi, kabupaten dan kota untuk mengawasi, agar semua sesuai dengan aturan berlaku.

Baca Juga

Dengan waktu bersamaan, sambung Nurhaida Yetti, Bawaslu kabupaten kota juga sedang lakukan rekrutmen Panwascam,yang ujian tertulisnya dilaksanakan pada 14-16 Oktober ini.

"Karena nomenklatur berubah dari yang sebelumnya, maka pelaksanaan tugas divisi dan kewenangan sesuai dengan Perbawaslu Nomor 3 tahun 2022, harus menjadi pedoman sampai pada tingkat kabupaten dan kota," kata Nurhaida Yetti.

Acara sosialisasi yang diisi dengan berbagai narasumber tersebut, juga diisi diskusi interaktif, sehingga dapat menambah pemahaman lebih jauh pada para peserta.

Sedangkan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatnya pemahaman jajaran Bawaslu provinsi dan kabupaten kota, mengenai Peraturan Bawaslu tentang tata kerja dan pola hubungan Pengawas Pemilihan Umum.

"Kegiatan kali ini diisi juga dengan pemaparan materi dari beberapa nara sumber serta dilanjutkan dengan sesi diskusi, sehingga semua bisa mendalami dengan baik pokok bahasan yang diadakan dalam sosialisasi ini," ucap Karnalis.

Pada sosialisasi ini, juga hadir Kordiv PP dan Datin, Elly Yanti, serta Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, M Khadafi.

Komentar