Besok, Semiloka Nasional II APKESMI Digelar

Metro- 23-10-2022 19:06
Suasana rapat technical meeting jelang Semiloka Nasional II APKESMI di THE ZHM Premiere Padang, Minggu (23/10). (Foto : Fajril)
Suasana rapat technical meeting jelang Semiloka Nasional II APKESMI di THE ZHM Premiere Padang, Minggu (23/10). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Semiloka Nasional II Akselerasi Puskesmas Seluruh Indonesia (APKESMI) di Kota Padang, Sumbar, resmi digelar, besok (24/10), di The ZHM Premiere Padang.

Sebanyak 600-an peserta dari 24 provinsi di Indonesia akan menghadiri Semiloka Nasional II yang berlangsung hingga Kamis (27/10).

Kegiatan berskala nasional ini mengusung tema Penguatan Puskesmas dalam Menyongsong Transformasi Layanan Primer melalui Akreditasi, Penerapan BLUD dan Peningkatan Kompetensi Kepala Puskesmas.

Baca Juga

Ratusan peserta menghadiri kegiatan berskala nasional terdiri dari kepala puskesmas se-Indonesia, kepala dinas kesehatan.

Kemudian, direktur rumah sakit, praktik mandiri bidan, institusi kesehatan, praktisi kesehatan dan pemerhati kesehatan.

"Semiloka Nasional II APKESMI akan dibuka oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui video tapping. Turut juga hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan RI dr Maria Endang Sumiwi MPH, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Ketua DPP APKESMI dr Trisna Setiawan MKes," kata Ketua DPW APKESMI Sumbar, dr Winanda MARS, kepada Arunala.com , di The ZHM Premiere Padang, Minggu (23/10).

Ia mengatakan Semiloka sendiri diisi dengan berbagai kegiatan. Antara lain seminar, workshop pembuatan akreditasi, workshop Pengawasan Pengendalian Infeksi (PPI), serta BLUD.

Pada kegiatan ini juga akan tampil sebagai pembicara Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, terkait peran lintas sektor terhadap program Puskesmas, terkait akreditasi, BLUD dan peningkatan kompetensi kepala puskesmas.

"Kemudian, narasumber lainnya yakni Deputi BPJS Kesehatan, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Direktur Mutu Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Guru Besar Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas," tuturnya.

Winanda berharap dengan penyelenggaraan Semiloka ini, teman-teman kepala puskesmas dapat lebih berjibaku lagi guna meningkatkan akreditasi.

"Gunanya mencapai pelayanan kesehatan paripurna," harap ibu dua anak ini.

Terpisah, Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan dengan hadirnya figur yang kompeten di bidangnya, diharapkan Semiloka Nasional II ini akan lahir ide-ide cemerlang dan program jitu untuk pengembangan kinerja dan pelayanan di Puskesmas dan rumah sakit masa mendatang.

"Di samping itu, dapat menjadikan Puskesmas/rumah sakit siap melaksanakan tranformasi layanan melalui BLUD. Sekaligus meningkatkan kompetensi kepala Puskesmas se-Indonesia," harapnya.

Ia mengatakan kompetensi kepala Puskesmas harus ditingkatkan dan dibekali dengan ilmu teknologi informasi dan serba-serbi ilmu.

Seperti kebijakan bidang kesehatan, BPJS Kesehatan, pemerintahan, aparatur/birokrasi, kemasyarakatan, sosial budaya dan teknologi tepat guna lainnya.

"Dengan demikian, mutu layanan kesehatan di semua sarana kesehatan baik dikelola pemerintah maupun swasta semakin berkualitas dan memberikan nilai plus kepada masyarakat. Masyarakat yang berobat betul-betul mendapat layanan baik dan merasa di rumah sendiri. Dengan pola layanan demikian tentu pasien yang berobat cepat sembuh," tutur Hendri.

Komentar