30 Siswa SD Islam Al Farisi Ikuti ANBK

Metro- 25-10-2022 14:18
Murid kelas V dari Sekolah Dasar (SD) Islam Al Farisi, Kota Bekasi, ikuti proses evaluasi ANBK di sekolahnya pada Minggu dan Senin kemarin. (Dok : Istimewa)
Murid kelas V dari Sekolah Dasar (SD) Islam Al Farisi, Kota Bekasi, ikuti proses evaluasi ANBK di sekolahnya pada Minggu dan Senin kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Biah

Bekasi, Arunala.com -- Sebanyak 30 murid kelas V dari Sekolah Dasar (SD) Islam Al Farisi, Kota Bekasi, yang terpilih secara sistem oleh Unit Pelaksana Pendidikan Kecamatan Mustika Jaya, daerah itu mengikuti program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Pelaksanaan ANBK bagi anak SD Islam Al Farisi diadakan di ruangan laboratorium komputer SD tersebut pada Senin dan Selasa (24-25/10).

Dan program ANBK dari Kemendikbudristek yang diadakan di SD Islam Al Farisi merupakan gelombang pertama dari empat gelombang yang diselenggarakan pihak kementerian itu.

Baca Juga

Kepala SD Islam Al Farisi, Umi Hj Nur Ahyani, S.Sos.I menyebutkan, program Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diadakan di sekolahnya adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

"Asasmen nasional dilaksanakan dengan (3) tiga instrument yaitu Asasmen Kompetensi Minimun (AKM Literasi dan Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar," kata dia kepada Arunala.com , Selasa siang (25/10).

"Dan Alhamdulillah, sekolah kami yakni SD Islam Al Farisi Kota Bekasi dapat giliran pertama dari empat gelombang yang diadakan Kemendibudristek," ujar Umi Nur Ahyani lagi.

Dia menerangkan, kegiatan tersebut dilangsungkan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Itu dimulai pada Senin pagi (24/10) pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB, begitu juga pada Selasa (25/10), jadwalnya sama, sedangkan pengawas dalam kegiatan ANBK ini adalah pengawas silang (menghadirkan pengawas dari satuan pendidikan lain yang masih dalam lingkup satu kecamatan).

Pelaksanaan ANBK ini tidak menghalangi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tingkatan kelas yang lainnya.

"Saya berharap dengan kegiatan ANBK ini, semoga dapat menambah pengetahuan siswa-siswi khususnya kelas V dan mejadi pengalaman mereka ketika nanti sudah menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar," pungkas Umi Nur Ahyani.

Komentar