Turnamen Piala Palapa, PSP Tundukan Persikopa 2-1

Metro- 26-10-2022 19:54
Wali Kota Pariaman, Genius Umar serahkan piala kepada tim PSP Padang yang juara di turnamen sepak bola piala Palapa, Rabu (26/10). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar serahkan piala kepada tim PSP Padang yang juara di turnamen sepak bola piala Palapa, Rabu (26/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Rangka menjalin silaturahmi antar daerah pengembangan kawasan Palapa (Padang, Lubuk Alung, Pariaman), Pemerintah Kota Pariaman melalui Persatuan Sepak Bola Kota Pariaman (Persikopa) menggelar Turnamen Piala Palapa yang diikuti tiga club yakni Persikopa Pariaman, Persepar Padangpariaman dan PSP Padang bertempat di Stadion Mini Persikatim, Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman, Rabu (26/10).

"Turnamen ini adalah bentuk tindak lanjut kerjasama tiga daerah dalam rangka strategi untuk percepatan kawasan metropolitan Palapa yang kita tandatangani beberapa bulan yang lalu antara Wali Kota Padang, Bupati Padangpariaman dan saya sebagai Wali Kota Pariaman," ujar Genius Umar saat membuka turnamen tersebut.

Menurut Genius, kerjasama Palapa ini menggunakan prinsip kolaborasi, yaitu berkolaborasi untuk membangun suatu daerah yang mempunyai wilayah satu hamparan atau daerah yang mempunyai satu kawasan, untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah.

Baca Juga

"Secara geografis, ketiga daerah ini berdekatan antara satu dengan yang lainnya, menjadi pusat pertumbuhan ekonomi daerah. Dari segi infra-struktur ketiga daerah ini sudah memiliki Bandara Internasional (BIM) di Padangpariaman, Pelabuhan Laut berstandar internasional (Teluk Bayur) di Kota Padang, dan kawasan wisata laut dan pantai di Kota Pariaman," imbuhnya.

Dengan adanya kawasan Palapa ini nantinya, sinergitas antar daerah dan kesatuan konsep kawasan Metropolitan di Sumbar, akan memberikan efek yang besar terhadap kemajuan daerah, khususnya Sumbar.

Dengan pengembangan kawasan metropolitan Palapa ini, infrastruktur bisa kita standarkan seperti infrastruktur air bersih, sampah, sanitasi, transportasi jalan dan perhubungan.

Disamping itu, dengan digelarnya turnamen ini kerjasama di bidang olahraga juga terbentuk, sehingga diharapkan para atlet dari daerah masing-masing bisa bermain secara profesional. Pertandingan persahabatan ketiga daerah ini, mudah-mudahan sportifitas kita tetap terjaga.

"Saya mengharapkan tahun depan, Kabupaten Padangpariaman maupun Kota Padang melaksanakan turnamen serupa agar silaturahmi ini tetap terjaga," tutup Genius Umar yang juga selaku Ketua Umum Persikopa tersebut.

Turnamen Piala Palapa ini diakhiri dengan kemenangan PSP Padang atas Persikopa dengan skor 2-1. Dengan begitu PSP Padang berhasil membawa Piala Palapa yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Turut hadir, Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, Asisten I Pemko Padang, Edi Yasmi, Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi, dan lainnya. (*)

Komentar