Pariaman Adakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Metro- 26-10-2022 16:41
Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama masyarakat saat gelar gerakan nasional Aksi Bergizi, Rabu pagi (26/10). (Dok : Istimewa)
Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama masyarakat saat gelar gerakan nasional Aksi Bergizi, Rabu pagi (26/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengajak para pelajar di kotanya untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

"Hal itu cukup bermanfaat Mencegah anemia atau kekurangan darah pada remaja," ungkap Mardison saat launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi, dihadapan para siswa MAN Padusunan dan masyarakat, di lapangan sekolah itu, Rabu pagi (26/10).

Mardison mengatakan, kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi merupakan kegiatan kesehatan diri terhadap anemia.

Baca Juga

"Sebab anemia ini termasuk salah satu penyakit yang serius dan banyak diderita masyarakat apalagi para remaja," tutur Mardison.

Anemia, sebutnya, merupakan kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup, dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat indonesia, yang dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

Masih tingginya kasus anemia, tambah Mardison, erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah dan tidak disiplinnya dalam mengkonsumsi makanan yang sehat khususnya pada remaja putri dan ibu hamil.

"Pemko Pariaman sebelumnya juga telah membuat berbagai kebijakan dalam hal pelaksanaan Aksi Bergizi yang dilakukan hari ini. Saya berharap apa yang telah dan akan kita kerjakan bersama, mulai dari OPD teknis dan lintas sektoral untuk dapat saling support dan bersinergi, karena ini merupakan kerja bersama dan tanggung jawab kami di pemko dalam hal peningkatan kesehatan anak dan remaja kita," ucap Mardison.

Dia menerangkan, tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang unggul dan genius sehingga akan tercipta generasi handal yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan daerah dan negeri kita tercinta.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan bahwa launching gerakan nasional aksi bergizi dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMP 4 Pariaman dan MAN Padusunan.

Kegiatan ini dimulai dengan senam pagi bersama,sarapan bersama, pemberian aksi konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan HB (Hemoglobin) untuk remaja putrid an sesi edukasi.

Kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia yang bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia dapat dicegah dengan teraturnya mengkonsumsi makanan sehat dan ditambah dengan konsumsi tablet tambah darah.

Makanan sehat tidak harus mahal, bahkan banyak di sekeliling kita makanan sehat yang tidak kita sadari, seperti sayuran, buah-buahan, ikan dan telur.

"Untuk remaja kita harap dapat teratur konsumsi tablet tambah darah dan usahakan minum TTD ini setelah sarapan dan diminum dengan air putih agar penyerapan zat besinya maksimal. Pemberian TTD pada remaja putri ini untuk mencegah nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Sehingga terciptanya generasi penerus di Kota Pariaman khususnya Indonesia umumnya yang sehat dan cerdas yang punya daya saing ditingkat global, " tutupnya.

Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman ditandai dengan pelepasan balon secara bersama.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penanda tanganan komitmen bersama gerakan nasional aksi bergizi tingkat Kota Pariaman oleh Wawa Mardison Mahyuddin dan dilanjutkan seluruh tamu undangan yang hadir.

Komentar