PAN Sumbar Tetapkan Tiga Kriteria Balon

Metro-510 hit 21-06-2020 15:26
Ilustrasi : Partai Amanat Nasional (PAN)
Ilustrasi : Partai Amanat Nasional (PAN)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Untuk ikut dalam pilkada serentak 2020 di Sumatera Barat (Sumbar), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar masih belum menentukan siapa bakal calon (balon) kepala daerah yang akan diusung nantinya.

"Meski pihak PAN Sumbar sudah menetapkan tiga kriteria balon yang akan diusung namun saat ini masih belum siapa orangnya," ungkap Sekretaris DPW PAN Sumbar, Indra Dt Rajo Lelo, di Padang, Sabtu (20/6).

Dirinya menyebutkan tiga kriteria itulah yang mendasari pilihan partainya dalam menetapkan bakal calon menjadi calon resmi nantinya dari PAN.

Baca Juga

"Kriteria pertama yakni kader partai. Kriteria kedua, tokoh masyarakat dari berbagai kalangan. Kriteria ketiga, perorangan yang mengajukan diri maju dari PAN," tuturnya.

Dilihat dari tiga kriteria yang ditetapkan itu, tampaknya PAN Sumbar lebih mengharapkan ada kadernya yang maju di pilkada nanti.

"Harapan kami, utamanya tentu kader partai yang maju dan bisa memenangkan Pilkada itu nantinya," harap Indra.

Selain tiga kriteria yang disebutkan diatas, Indra juga menekankan harus pula komitmen jelas dari calon yang akan diusung kepada partai.

"Kemudian kami juga memiliki elektabilitas dan hasil survey yang memuaskan. Tentunya memadai dari kaca mata masyarakat luas," kata Indra lagi.

Untuk soal koalisi partai mengingat di beberapa daerah termasuk Sumbar, PAN harus membangun koalisi, Indra menyebutkan masih melihat perkembangan politik di Sumbar yang bergerak.

"Peta politik masih bergerak dinamis, hal itu tentunya nanti jadi pertimbangan bagi partai dalam menentukan partai koalisinya," kata Indra Dt Rajo Lelo.

Komentar