5 Negara Ikut Kontes Ikan Cupang di Padang

Metro- 06-11-2022 09:07
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama ketua pelaksana kontes, Albert Hendra Lukman ketika membuka kontes ikan cupang internasional di gedung HTT Padang, Sabtu (5/11). (Dok : Istimewa)
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama ketua pelaksana kontes, Albert Hendra Lukman ketika membuka kontes ikan cupang internasional di gedung HTT Padang, Sabtu (5/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Padang, Arunala.com - Betta of Sumatera Society (BOSS) menggelar kontes ikan cupang berskala Internasional Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT), Padang.

Kontes ini diikuti 685 ekor ikan Cupang dari Taiwan, Filipina, Singapura, Malaysia, dan berbagai provinsi di Indonesia.

Ratusan ikan hias mini ini kemudian dilombakan dalam 10 kategori kontes, dan dinilai oleh 10 juri dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jepang dan Indonesia.

Baca Juga

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy menyebutkan, meski berukuran kecil, potensi ekonomi ikan cupang tak bisa dianggap remeh.

Bersama ikan hias lainnya, ikan cupang atau Betta ini ternyata menjadi penyumbang 20 persen ekspor perikanan non-konsumsi di Sumbar.

"Kontes ini luar biasa, bisa mengundang banyak tamu datang untuk jalan-jalan ke Sumatera Barat. 20 persen ekspor perikanan Sumbar juga dari Ikan hias," ucap Audy Joinaldy ketika membuka West Sumatera Internasional Betta Festival (WSIBF) 2022 di Padang, Sabtu (5/11).

Audy memberikan apresiasi atas terselenggaranya kontes ikan cupang berskala internasional tersebut. Ia berharap para penggemar dan pelaku usaha ikan hias mini ini, dapat kembali menggelar iven serupa dengan skala semakin besar di tahun-tahun mendatang.

"Saya apresiasi sekali penyelenggaraan kontes ini. Nanti kita akan duduk bareng membicarakan bagaimana pemerintah bisa mensupport grand design perikanan hias di Sumatera Barat ini," lanjutnya.

Sementara itu, pantia pelaksana Albert Hendra Lukman mengatakan, pihaknya sangat men-support kegiatan ini karena sangat mendukung RPJMD Sumbar.

Khususnya dalam mengangkat potensi pariwisata dan perikanan. Apalagi dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 nanti, menurutnya, Festival Ikan Cupang juga bisa menjadi salah satu pilihan atraksi pariwisata di Sumbar.

"Ikan cupang ini dikembangkan dengan kreativitas sehingga bisa bernilai. Karena itu, patut kami apresiasi para penggagas dan pegiat ikan cupang ini," ujar Albert.

Diketahui melalui WSIBF 2022, Kota Padang sudah menjadi tuan rumah bagi kontes ikan cupang untuk ketiga kalinya.

Selain itu, iven ini juga merupakan kontes Ikan hias pertama yang kembali dilaksanakan paska pandemi Covid-19 di Sumbar.

Komentar