Serunya Ngopi sambil Baca Komik

Metro- 08-11-2022 06:24
Proses penyajian kopi di Dapue Kopi Roastery. (Dok : Istimewa)
Proses penyajian kopi di Dapue Kopi Roastery. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Kedai kopi kini tak hanya menyajikan aneka racikan kopi saja. Agar disukai pengunjung, kedai kopi pun menawarkan berbagai fasilitas, salah satunya koleksi komik yang bisa dibaca gratis.

Seperti halnya di Dapue Kopi Roastery, beralamat di Jalan Dr M Hatta No 30A Kecamatan Kuranji, yang bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat ngopi di Kota Padang.

"Di sini ada buku-buku bacaan yang bisa dibaca pengunjung. Buku bacaan itu didominasi komik. Jadi seruput kopi sambil membaca komik," kata Pemilik Dapue Kopi Roastery, Yoland Anggara, kepada Arunala.com , Senin (7/11).

Baca Juga

Konsep bangunan Dapue Kopi Roastery ini rustic dan terbagi dua tempat. Ada ruangan berisi buku bacaan yang ber AC dan juga bangku di teras kedai. Konsep ini dihadirkan agar pengunjung dapat memilih alternatif mana yang bisa dijadikan sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati kopi.

Beroperasional sejak tahun 2017, kedai kopi ini tidak sekadar menyajikan berbagai jenis racikan kopi. Tapi juga mengolah biji kopi lokal yakni solok rajo dan kerinci.

"Awal mulai roasting ini tahun 2018. Saat itu masih menggunakan alat sederhana," tutur Yoland.

Makin nampak peluang, dia pun mengikuti kelas internasional roasting di Bandung. "Alhamdulillah lulus dan memperoleh Speciality Coffee Association (SCA) Certified," ungkapnya.

Ia pun memberanikan diri untuk menerima jasa roasting dan penjualan dengan alat modern. "Jika jasa roasting, pelanggan membawa biji kopi sendiri dan kita meroasting. Upahnya Rp 30 ribu per kilogram," sebut Yoland.

Sementara untuk penjualan bean minimal berat 200 gram. "Penjualan paling banyak ke Medan dan Bogor. Sementara wilayah Padang tidak seberapa," ucapnya.

Ia menjelaskan roasting adalah proses dimana mengeringkan dan mengembangkan biji kopi, mengurangi beratnya dan memberi aroma pada biji kopi. "Ketika dimasak, biji kopi akan mengalami perubahan karakter. Maka dari itu, jika memasak kopi lebih lama maka zat kimia akan banyak pula mengubah karakter kopi," ungkap Yoland.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk meroasting kopi. Yakni warna biji kopi, suhu roasting dan waktu roasting. "Kenali karakter kopi yang akan di roasting atau tentukan rasa yang akan dihasilkan dari green bean tersebut," sebutnya.

Roasting kopi dilakukan selama 5-10 menit bergantung pada jenis herbs biji kopi. Biji kopi terbilang matang apabila warna biji kopi sudah berubah, dari kuning menjadi coklat.

Setelah melalui proses pemanggangan, biji kopi kemudian akan mengalami proses resting. "Dalam proses resting ini, biji kopi yang sudah dipanggan akan didiamkan selama seminggu sebelum di packing," papar Yoland.

Di Dapue Kopi Roastery, sebut Yoland, kopi susu termasuk menu kopi favorit pelanggan. Pasalnya, resep dan citarasa kopi susu beda dibanding lain. Di samping itu di antaranya, tersedia piccolo, double espresso, capuccino, single espresso, dan menu kopi lainnya. "Juga tersedia menu minuman non-coffee serta makanan ringan," tukasnya seraya mengatakan pelanggan Dapue Kopi Roastery ini kalangan mahasiswa dan karyawan. (*)

Komentar