Lepas Penat dengan Menyeruput Kopi Sanger

Metro- 08-11-2022 11:51
Pembuatan minuman kopi di Mesin Waktu Coffee and Resto. (Foto : Fajril)
Pembuatan minuman kopi di Mesin Waktu Coffee and Resto. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com --Belakangan bisnis kedai kopi di Kota Padang terus tumbuh bak cendawan di musim penghujan.

Seiring meningkatknya konsumsi kopi, jumlah kedai kopi juga terus bertambah secara signifikan. Tentunya, untuk memenangkan persaingan dan menarik perhatian perlu ada inovasi.

Gaya hidup, bukan lagi terbatas soal penampilan. Kini, "nongkrong" juga menjadi kegiatan yang dilakukan anak muda maupun dewasa di suatu tempat untuk berkumpul dan melakukan kegiatan mengisi waktu luang.

Baca Juga

Hal ini mendorong tempat nongkrong seperti kafe dan restoran semakin kreatif untuk berbenah. Kafe dan resto ini dikreasi sedemikian rupa sehingga menjadi tempat nongkrong yang asyik dan bikin betah pengunjungnya.

Seperti dilakukan Mesin Waktu Coffee and Resto beralamat di Jalan Veteran No 11, Kota Padang.

Nama Mesin Waktu terinspirasi dengan judul lagu. Namun demikian, nama Mesin Waktu itu lebih ke filosofi.

"Kami menginginkan resto ini dinikmati semua kalangan. Bahkan pengunjung bisa membangkitkan memoar lama dan memplanning masa depan bersama kolega, sahabat dan keluarga. Jadi semua orang memiliki mesin waktu sendiri-sendiri," kata Owner Mesin Waktu Coffee and Resto, Riandi Suranda, kepada Arunala.com , Senin (7/11) malam.

Rian--akrab dipanggil mengatakan di saat merenovasi tempat ini, pihaknya melibatkan orang-orang kreatif. Mulai desain logo hingga lukisan mewarnai sejumlah dinding di restoran ini.

"Contoh lukisan mesin waktu di dinding pintu masuk. Dan lukisan kawasan Alahanpanjang, Kabupaten Solok di area smooking room," tutur Rian seraya mengatakan konsep restoran tersebut adalah vintage.

Mesin Waktu, sebut Rian, memadukan kopi dan restoran.

"Untuk beberapa menu kopi sama dengan lainnya. Tapi ada beberapa menu signature kita racik sendiri tanpa googling dan hasil riset barista," ungkapnya.

Ditambahkan Head Bar, Galang, contoh menu signature itu yakni konsus. Dalam pembuatan minuman konsus ini menggunakan susu berkualitas.

"Menu tersebut hasil racikan sendiri dan hanya ada di Mesin Waktu," ujarnya.

Kemudian, cold blue. Minuman kopi ini membutuhkan pengekstrasian satu malam. Dalam semalam itu, bisa memproduksi 1 liter.

"Mungkin semua coffee shop menyediakan menu ini. Akan tetapi, bedanya ada beberapa ingredients pembuatan cold blue berbeda," paparnya.

Signature lainnya, tutur Galang, kopi sanger khas Aceh. Sanger diartikan saling ngerti.

"Minuman ini campuran kopi dan susu kental manis. Ketika meminum kopi sanger ini, manisnya dapat pahitnya pun juga dapat," ucapnya seraya mengatakan di restoran ini tersedia juga kopi tubruk.

Di restoran ini, sebut Galang, juga menyediakan menu minuman non-coffee. Misalnya beberapa minuman dicampur dengan es krim, rasa strawberry, karamel, vanila.

"Juga tersedia beberapa varian menu teh. Dan ada butterfly, teh yang dipadukan dengan soda," sebutnya.

Sementara itu, Head Kitchen Jeri Andika mengatakan restoran ini menyediakan menu makanan berat. Seperti chinesee food, nusantara food, dan western food.

Bahkan, menyediakan menu vegan dan sarapan pagi. "Ke depan, lebih memvariasikan menu seafood," sebutnya.

Di restoran ini, menyediakan fasilitas meeting room, smooking room, mushala dan area halaman restoran. Tiap malam, pihaknya menyuguhkan live music.

"Bagi warga Kota Padang ingin bersantai bersama keluarga, kolega dan sahabat, Mesin Waktu Coffee and Resto tempatnya. Harganya pun terjangkau dengan tempat nyaman dan lapang," ajak Rian.

Komentar