KPU Sumbar Edukasi Anggota PII se Sumbar soal Pemilu 2024

Metro- 10-11-2022 11:48
Anggota KPU Sumbar, Izwaryani berikan paparannya menyangkut tahapan pemilu 2024 pada anggota PII se Sumbar saat sosialisasi pendidikan pemilih di Padang, Kamis (10/11). (Foto : Arzil)
Anggota KPU Sumbar, Izwaryani berikan paparannya menyangkut tahapan pemilu 2024 pada anggota PII se Sumbar saat sosialisasi pendidikan pemilih di Padang, Kamis (10/11). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Hampir seratusan orang anggota organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) se Sumbar, ikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk pemilu serentak 2024, di salah satu hotel di Padang, Kamis (10/11).

Acara sosialisasi ini merupakan kerjasama KPU Sumbar dengan pimpinan wilayah PPI Sumbar, dan ketua umum pengurus besar (PB) PII, Rafani Tuahuns juga hadir langsung di kegiatan sosialisasi ini.

Menariknya, di acara yang dibuka Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani ini, diketahui, sebagai besar anggota organisasi PII se Sumbar yang ikut dalam sosialisasi hari itu merupakan generasi muda, bahkan ada yang belum pernah ikut memilih karena usia belum mencapai 17 tahun hingga hari ini (Kamis, red).

Baca Juga

Dan ada juga dari peserta itu yang belum tahu kapan hari pencoblosan untuk pemilu 2024.

Bahkan Yanuk Sri Mulyani sempat melakukan voting menyangkut siapa saja dari peserta yang setuju tanggal pemilu diadakan.

Melihat dari peserta ada yang belum tahu kapan pencoblosan pemilu 2024, Yanuk lalu menerangkan kapan hari pencoblosan untuk pemilu (pilpres dan pileg) 2024 itu dilaksanakan.

"Untuk adik-adik ketahui, apalagi yang akan jadi pemilih pemula nanti, hari pencoblosan pemilu 2024 itu yakni Rabu 14 Februari 2024," kata Yanuk.

Selain itu, Yanuk juga menyampaikan berbagai informasi seputar pemilu, tahapan pemilu serta deklarasi duta pemilu kepada peserta sosialisasi, hingga serta deklarasi duta pemilu.

Dia juga katakan, PII merupakan salah satu organisasi pemuda tertua di Indonesia.

"Banyak hal yang sudah disumbangkan organisasi ini bagi negara," ujar Yanuk.

Dia juga sebutkan, generasi muda PII Sumbar ini salah satu target bagi KPU untuk mengedukasi mereka tentang tahapan pemilu, dan diharapkan pemilih berjalan lancar dan juga meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami (KPU, red) juga akan menjadikan pii ini jadi duta pemilu, dan diharapkan bisa berikan informasi tentang pemilu baik bagi organisasi maupun masyarakat umum," pungkas Yanuk Sri Mulyani.

Sementara Sekretaris PW PII Sumbar, Hasbi membenarkan, anggota PII se Sumbar yang ikut sosialisasi kali ini umumnya dari kalangan pelajar.

"Jadi bisa dimaklumi kawan-kawan yang hadir kali baru mengetahui seperti apa tahapan pemilu," kata Hasbi.

Komentar