Genius Umar Mengkukuhkan Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa

Wisata- 02-10-2022 13:19
Pengukuhan Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa oleh Ketua LKAAM Kota Pariaman Genius Umar, Minggu (2/10). (Foto : Istimewa)
Pengukuhan Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa oleh Ketua LKAAM Kota Pariaman Genius Umar, Minggu (2/10). (Foto : Istimewa)

Penulis: MN. Putra

Pariaman - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Genius Umar Rang Kayo Rajo Gandam yang juga Wali Kota Pariaman mengukuhkan H. St. Wisaldi Jamal Dt. Bangso Dirajo sebagai Penghulu Suku Mandailing Nagari Pasa Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu (2/10).

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan saluak dan keris dari kaum suku mandailing sebagai penghulu suku mandailing Nagari Pasa.

Genius Umar mengatakan bahwa tugas kita sebagai penghulu suku adalah bagaimana mengajarkan adat istiadat kepada kemenakan kita. Kalau adat istiadat tidak diajarkan lagi maka akan hilang. Tetapi ternyata, sudah beberapa keturunan adat istiadat minang yang mungkin sudah 10 kali keturunan tetap turun temurun.

Baca Juga

"Artinya penghulu suku, niniak mamak dan datuak-datuak kita mengajarkan adat istiadat ini kepada generasi berikutnya, demikian juga bundo kanduang yang juga mengajarkan kepada kaumnya tentang adat istiadat kebundo kanduangan, inilah yang harus dijaga sampai sekarang.

Lebih lanjut, ia juga sampaikan bahwa LKAAM Kota Pariaman hanya menganyomi semua KAN yang ada, KAN bergerak secara otonom begitupun kaum.

"Saya selaku Ketua LKAAM yang juga sebagai Walikota Pariaman, kita bersama-sama mengkombinasikan kepemimpinan adat istiadat dengan kepemimpinan pemerintahan, maka partisipasi masyarakat semakin timbul serta partisipasi kaum adat juga ikut membangun kota ini", terangnya.

Untuk membangun kota ini, sambung Genius Umar bahwa tali tigo sapilin yakni niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai harus berkolaborasi bersam-sama sehingga Kota Pariaman akan lebih cepat majunya.

"Kami bersama pengurus LKAAM Kota Pariaman juga mengucapkan selamat atas amanah ini, tinggal nanti melaksanakan tugas untuk menjaga anak kemenakan dikaum masing-masing, sehingga membawa kemajuan dan ketenteraman untuk Kota Pariaman", tutupnya. (*)

Komentar