Pemko Pariaman Gelar Rakor Penanganan Inflasi Daerah tingkat Desa se Kota Pariaman

Ekonomi- 11-10-2022 09:02
Wali Kota Pariaman, Genius Umar, membuka (Rakor) Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah tingkat Desa se Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (11/10). (Foto : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar, membuka (Rakor) Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah tingkat Desa se Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (11/10). (Foto : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Dalam rangka pengendalian inflasi di Kota Pariaman, akibat penyesuaian harga BBM, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, membuka (Rakor) Rapat Koordinasi Penanganan Inflasi Daerah tingkat Desa se Kota Pariaman, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (11/10).

"Pemerintah telah melakukan Pengalihan subsidi BBM agar lebih tepat sasaran. Anggaran Pemerintah yang sebelumnya dialokasikan ke Subsidi BBM, saat ini dialihkan ke berbagai program dan bantuan sosial yang sifatnya langsung menyentuh masyarakat. Kebijakan tersebut diambil untuk memperkuat bantuan Jaring Pengaman Sosial," ujarnya.

Genius mengatakan pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah, dimana peran Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes), bersama dengan Kepala Desa se Kota Pariaman, memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan yang ada, untuk dikelola menjadi produktif, ucapnya.

Baca Juga

"Dengan adanya kemauan dari bawah, mulai dari masyarakat dan perangkat desa dan jajaran ASN Pemko Pariaman, akan meningkatkan dampak kemandirian pangan, sehingga mereka juga dapat meningkatkan ekonomi mereka dengan hasil panen yang akan dihasilkan nantinya," tukasnya.

Lebih lanjut Genius mengatakan, dalam upaya menekan laju inflasi yang ada daerahnya, Pemerintah Kota Pariaman, beberapa kali menggelar kegiatan "Bazar Pangan Murah" untuk masyarakat Kota Pariaman, dimana kegiatan ini diprakarsai oleh DP3 Kota Pariaman.

"Kehadiran Bazar Pangan Murah ini, merupakan bentuk perhatian Pemko Pariaman kepada masyarakat, dan sebagai bentuk tindak lanjut dari instruksi Bapak Presiden RI, Joko Widodo, dalam menangani dampak yang terjadi akibat penyesuaian harga BBM beberapa waktu lalu," ulasnya.

Lulusan S3 IPB ini juga mengatakan bahwa, Bazar Pangan Murah, dapat membantu masyarakat, dan dapat menekan laju inflasi, karena harga pangan yang kita jual, lebih murah dari harga yang ada di pasaran, hal ini kita lakukan untuk menekan harga yang ada di pasar, sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat, terangnya.

"Semoga kita semua dapat memaksimalkan apa yang menjadi potensi di desa kita masing-masing, dan dapat mengelola lahan dan pekarangan yang ada di desa, untuk ditanami dengan berbagai tanaman, sayuran dan buah, sehingga kita dapat menciptakan ketahanan pangan di daerah, yang dimulai dari keluarga, desa, sampai tingkat Kota, dan hal ini secar tidak langsung akan mengendalikan laju inflasi di daerah kita," tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala DPMDes Kota Pariaman, Hendri, Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril, Camat se Kota Pariaman, Penyuluh Lapangan Pertanian dan Penyuluh Perikanan se Kota Pariaman, dan Kepala Desa se Kota Pariaman. (*)

Komentar