Genius Umar Apresiasi Noviardi, Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Berprestasi tingkat Nasional asal

Metro- 12-09-2022 13:24
Wali Kota Pariaman, Genius Umar, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Noviardi, sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Berprestasi tingkat Nasional Tahun 2022 yang sukses mencapai prestasi nasional, yang diterima langsung oleh orang nomor satu di Kota Pariaman ini, di ruang kerjanya, Balaikota Pariaman, senin sore (12/9). (Foto : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Noviardi, sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Berprestasi tingkat Nasional Tahun 2022 yang sukses mencapai prestasi nasional, yang diterima langsung oleh orang nomor satu di Kota Pariaman ini, di ruang kerjanya, Balaikota Pariaman, senin sore (12/9). (Foto : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Wali Kota Pariaman, Genius Umar, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Noviardi, sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Berprestasi tingkat Nasional Tahun 2022, asal Kota Pariaman, dimana hanya ada 4 orang yang menerima penghargaan ini dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, pada 29 Agustus 2022 kemaren, di Kementerian Pertanian, Jakarta.

Kedatangan Noviardi, bersama jajaran Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman (DP3), yang dipimpin Kadisnya, Dasril, dan didampingi oleh Kepala Desa Cubadak Mentawai, Azwirman, untuk menyampaikan capaian Penyuluh Pertanian Swadaya terbaik dari Kota Pariaman, yang sukses mencapai prestasi nasional, yang diterima langsung oleh orang nomor satu di Kota Pariaman ini, di ruang kerjanya, Balaikota Pariaman, senin sore (12/9).

"Saya mengapresiasi penghargaan yang diperoleh oleh Noviardi, hal ini tentu akan memacu semangat kita untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk memajukan sektor pertanian khususnya di Kota Pariaman ini, sekaligus memacu setiap para pelaku utama pertanian, sebagai bagian dari SDM Pertanian, untuk semakin bergerak lebih baik lagi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas," ujarnya.

Baca Juga

Genius berharap, akan muncul Penyuluh Pertanian Swadaya Kota Pariaman lainya, yang dapat meraih prestasi di kegiatan nasional di tahun-tahun berikutnya, sehingga akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para petani yang ada di Kota Pariaman, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani kita, dengan inovasi dan terobosan yang telah dilakukan.

"Hal ini menunjukan, petani asal Kota Pariaman, tidak kalah hebat dengan petani yang berasal dari daerah lainya di indonesia, dengan inovasi yang Noviardi ini lakukan, dapat menarik perhatian juri untuk menjadikanya menjadi salah satu Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Berprestasi tingkat Nasional Tahun 2022 dari kementerian Pertanian," tukasnya

Noviardi terpilih sebagai Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, setelah mengikuti sejumlah seleksi, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional yang diikuti 34 provinsi se-Indonesia. Noviardi sendiri telah beberapa kali meraih prestasi di tingkat Kota Pariaman, seperti Juara 1 Petani Teladan Tingkat Kota Pariaman tahun 2019, Juara 2 PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya) Teladan Tingkat Kota Pariaman Tahun 2020, dan terakhir Juara 1 PPS Teladan Tingkat Kota Pariaman Tahun 2022 sekaligus Juara 1 PPS tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mengikuti ajang PPS Teladan Nasional

"Adapun inovasi yang dibuat adalah Hadebaran (Hasil panen demi lebaran), dan Adin (Anak Didik Inovasi), belum lagi inovasi lainya, yang sangat membantu para petani dan produktivitas pertanian yang ada di Kota Pariaman," ungkapnya.

Noviardi, merupakan petani yang juga penyuluh pertanian swadaya di Desa Cubadak Mentawai, dan Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, dengan jumlah Poktan (Kelompok Tani) yang dikelolanya, sebanyak 7 Poktan. Keberhasilan Noviardi ini, juga berkat binaan dari DP3 bersama UPT BPPP Kota Pariaman, dengan melibatkan kelompok jabatan fungsional penyuluh pertanian, dan BPP Kecamatan Pariaman Timur serta penyuluh pertanian wilayah binaan, dan disuport penuh oleh Kepala Desa Cubadak Mentawai.

Lebih lanjut Genius menuturkan, Pemberian penghargaan ini juga diyakini dapat meningkatkan motivasi dan semakin memacu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian agar berkembang semakin baik lagi.

"Penghargaan dari Kementerian Pertanian ini dapat juga sebagai stimulus, agar seluruh insan pertanian terpacu untuk meningkatkan kapasitas dirinya. Dengan begitu, kami yakin sektor pertanian akan terus bergerak maju, dan penyediakan pangan bagi seluruh masyarakat, serta peningkatan kesejahteraan petani, dapat kita lakukan," tutupnya. (*)

Komentar