Dispar Pasang Bendera Peringatan Sepanjang Pantai

Metro- 19-11-2022 20:39
Seorang petugas Balawista Padang memasang bendera peringatan di kawasan Pantai Padang, Sabtu (19/11). (Foto : Derizon)
Seorang petugas Balawista Padang memasang bendera peringatan di kawasan Pantai Padang, Sabtu (19/11). (Foto : Derizon)

Penulis: Derizon Yazid

Padang, Arunala.com - Dinas Pariwisata Kota Padang memasang bendera peringatan sepanjang pantai Padang guna antisipasi jatuhnya korban jiwa di objek wisata.

Kabid Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata di dinas teknis, Diko Eka Putra menyebutkan, sekarang ini cuaca buruk melanda Kota Padang, bahkan tinggi gelombang air laut juga cukup tinggi, untuk itu Dinas Pariwisata pasang bendera peringatan di sepanjang pantai Padang.

"Pengunjung objek wisata Pantai Padang yang ingin berenang dan berwisata, agar memperhatikan rambu-rambu (bendera) yang dipasang di sepanjang objek wisata," sebut dia.

Baca Juga

Menurut Diko, ada dua jenis bendera yang dipasang di sepanjang objek wisata tersebut, pada sabtu (19/11), yakni bendera berwarna hitam dan bendera berwarna merah.

"Lokasi yang terdapat bendera berwarna hitam berarti merupakan daerah yang berbahaya untuk berenang, sementara untuk lokasi yang terpasang bendera warna merah merupakan peringatan agar pengunjung yang ingin berenang lebih berhati-hati," jelas dia.

Pemasangan bendera peringatan bahaya keselamatan pengunjung ini akan dipasang di beberapa titik sepanjang kawasan wisata pantai padang, mulai dari belakang Masjid Al-Hakim, kawasan Danau Cimpago hingga kawasan Pantai Muaro Lasak.

Selain memasang bendera sebagai tanda peringatan, Dinas Pariwisata juga akan menerjunkan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) guna menjaga dan mengawasi para pengunjung Pantai Padang.

Balawista merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Kota Padang yang telah mendapat pelatihan dari Basarnas tentang upaya pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan saat berenang.

Menurut koordinator lapangan Balawista Kota Padang, Syahril Hakim, menyebutkan pihaknya akan siaga menjaga keselamatan pengunjung selama berwisata di sepanjang kawasan Pantai Padang dengan membagi anggota di beberapa titik yang rawan, dan memberikan imbauan kepada pengunjung yang berenang, jika cuaca tiba-tiba berubah, agar segera naik ke bibir pantai.

"Guna lebih memudahkan pengawasan, pihak Dinas Pariwisata membagi kawasan Pantai Padang menjadi empat zona, yakni dari LP Muaro sampai Simpang Hangtuah, kemudian Simpang Hantuah hingga depan Hotel My All," papar Syahril.

Selanjutnya depan Hotel My All hingga jembatan Purus dan terakhir dari jembatan Purus hingga belakang Hotel Pangeran.

Komentar