Legislator Ade Rezki Ajak Konstituen Manfaatkan JKN-KIS

Metro- 19-11-2022 20:49
Anggota DPR RI Dapil Sumbar II Ade Rezki Pratama memberikan sambutan saat Sosialisasi Program JKN-KIS di aula Kantor Camat Canduang, Agam, Sabtu (19/11). (Dok : Istimewa)
Anggota DPR RI Dapil Sumbar II Ade Rezki Pratama memberikan sambutan saat Sosialisasi Program JKN-KIS di aula Kantor Camat Canduang, Agam, Sabtu (19/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Agam, Arunala.com - Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama terus mendorong konstituennya menjadi peserta serta memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan ikut menjadi kepesertaan dapat meringankan beban biaya ketika berobat di fasilitas kesehatan maupun rumah sakit.

"Asuransi kesehatan ini penting ketika kita ingin mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan maupun rumah sakit. Ibarat sedia payung sebelum hujan. Sediakan kartu BPJS Kesehatan sebelum pergi berobat," kata politisi Gerindra saat Sosialisasi Program JKN KIS di aula Kantor Camat Canduang, Kabupaten Agam, Sabtu (19/11).

Baca Juga

Ia mengatakan perlindungan kesehatan yang dimaksud yaitu memiliki asuransi kesehatan sebagai antisipasi ketika keluarga sedang sakit maka tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan.

Oleh karena itu, pemerintah menunjuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai pihak untuk menjalankan program JKN-KIS di Indonesia.

"Banyak penyakit yang biaya pengobatannya dibiayai BPJS Kesehatan. Bahkan salah satu penyakit yang menjadi isu nasional saat ini yaitu gagal ginjal akut pada bayi dibiayai oleh badan tersebut. Padahal biaya pengobatan dari penyakit tersebut sangat mahal," ucap anggota Komisi IX DPR RI, salah satunya membidangi kesehatan ini.

Karena itu, ia meminta masyarakat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS guna memudahkan beban biaya pengobatan keluarga.

"Saya ingin hak peserta dapat terpenuhi dan tidak mengalami salah paham di lapangan. Jadi prosedur layanan kesehatan dapat dimengerti oleh warga, terlebih bagi masyarakat yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan," tutur anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumbar II ini.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kota Bukittinggi, Henny Nursanti mengapresiasi kerja sama kegiatan sosialisasi ini.

Hal ini sangat membantu pihaknya dalam mengatasi beragam keluhan dan ketidaktahuan peserta yang kerap terjadi ketika memperoleh layanan kesehatan.

"Saat ini pemerintah bersama BPJS Kesehatan bekerja sama untuk percepatan capaian Universal Health Coverage (UHC), terutama di daerah Agam yang baru 86,9 persen," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini BPJS Kesehatan Bukittinggi membawahi lima daerah yaitu Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padangpanjang, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

Komentar