RSUP dr M Djamil Raih Penghargaan Kesling Kemenkes

Metro- 21-11-2022 06:02
Tim kesehatan lingkungan RSUP dr M Djamil Padang. (Dok : Istimewa)
Tim kesehatan lingkungan RSUP dr M Djamil Padang. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - RSUP dr M Djamil Padang kembali menorehkan prestasi nasional.


Rumah sakit rujukan wilayah Sumatera Bagian Tengah ini meraih penghargaan bidang kesehatan lingkungan rumah sakit dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan di Hotel Discovery Ancol Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (23/11).

Tak hanya rumah sakit, penghargaan diberikan kepada pelabuhan, sanitasi total berbasis masyarakat, dan sentra pangan jajanan atau kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan syukur atas torehan prestasi tersebut. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dewan pengawas, direksi dan seluruh tenaga medis serta pegawai RSUP dr M Djamil," kata Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP dr M Djamil Padang, Dr dr Dovy Djanas SpOG KFM MARS, kepada Arunala.com , Minggu (20/11).

Ia menjelaskan RSUP dr M Djamil Padang berkomitmen untuk menerapkan green hospital sebagai wujud dukungan atas inisiatif global untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan hidup di bidang kesehatan.


Termasuk mengadvokasi kebijakan yang mendukung kesehatan lingkungan dan masyarakat.

"Konsep green hospital ini mengorientasikan rumah sakit sebagai bangunan yang berwawasan lingkungan dan jawaban atas tuntutan kebutuhan layanan dan pelayanan paripurna serta berbasis kenyamanan dan keamanan lingkungan," tuturnya.

Ia menjelaskan konsep green hospital ini menghadirkan kenyamanan seperti di rumah sendiri.Strateginya dengan pengoptimalan area taman, menjaga kebersihan serta kenyamanan ruang rawatan.

"Suasana rumah sakit mencekam disegarkan. Keterbatasan anggaran rumah sakit, mendorong kami berinovasi secara mandiri dan berkolaborasi dengan cleaning service," ucap Ketua POGI Sumbar ini.

Alhasil, sebut Dovy, 85 persen area taman di lingkungan rumah sakit mengalami perubahan.Ada pun perubahan meliputi taman bunga yang ditata dengan aneka bunga, ornamen batu putih, air mancur, dan lainnya.

Kemudian taman buah, taman sayur hidroponik, vertikal garden dan akuarium dinding.

"Kesan asri di RSUP dr M Djamil Padang makin kuat," papar Dovy seraya mengatakan juga tersedia spot foto instagramable bisa diunggah di media sosial.

Taman, sebut Dovy, dilengkapi biopori, meningkatkan daya resapan air.

Penyiraman dilakukan dua kali sehari dengan memanfaatkan air hasil pengolahan instalasi IPAL rumah sakit.

"Dan, pemasangan pewangi ruangan rawatan," ucapnya.

Dovy juga mengatakan penerapan kesehatan lingkungan rumah sakit ini mengacu pada Permenkes No 7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Ini sebagai upaya untuk mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan rumah sakit sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan.

"Instalasi kesehatan lingkungan menjamin kualitas maupun kuantitas lingkungan. Mulai dari air, udara, pengelolaan limbah, radiasi, gizi, laundry dan lain-lain," sebut Dovy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes RI Dr dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS mengatakan penghargaan bidang kesehatan lingkungan sebagai salah satu bentuk advokasi dan meningkatkan komitmen pembinaan untuk mendorong, menstimulasi keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan.

Serta apresiasi terhadap kinerja petugas, institusi dan pemerintah daerah.

Penghargaan diberikan antara lain. Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award.Penghargaan Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, dan Penghargaan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.

Komentar