Arya: Sumbar Percontohan Desa Transparan di Indonesia

Metro- 12-12-2022 16:39
Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha bersama Gubernur Mahyeldi pada acara Anugerah KIP Sumbar 2022 di Padang, Senin sore (12/12). (Dok : Istimewa)
Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha bersama Gubernur Mahyeldi pada acara Anugerah KIP Sumbar 2022 di Padang, Senin sore (12/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kembali digelar Komisi Informasi (KI). Anugerah diselenggarakan jelang penghujung tahun 2022 ini.

Selain itu, dikesempatan yang sama juga diadakan Anugerah Echivement Motivasion Award, dan Anugerah Buka Award yang merupakan program FJIKP Sumbar.

Wakil Ketua KI Pusat, Arya Sandhiyudha yang hadir langsung pada gelaran Anugerah KIP Sumbar 2022 ini mengatakan, Sumbar saat ini menjadi salah satu provinsi yang berhasil menghadirkan keterbukaan informasi publik hingga di level desa.

Baca Juga

"Ini berdasarkan penilaian KI pusat yang menggelar kegiatan apresiasi desa transparan," ujar Arya Sandhiyudha.

Diketahui, ada 90 desa transparan yang masuk nominasi. Sumbar menyumbang satu desa transparan, yakni Nagari Bungo Pasang Salido dari Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Arya berharap dengan pencapaian KIP hingga di level desa ini, Sumbar bisa jadi role model dan inspirasi bagi Indonesia. Karena tidak hanya hadirkan KIP di level provinsi hingga desa.

"Sumbar juga menjadi istimewa, karena hadirkan KIP dengan segala spesifikasi dan keunikan nilai-nilai adat dan budayanya," katanya.

Sementara, Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska mengatakan, selama ini banyak hal yang telah dilakukan KI Sumbar dalam memasifkan KIP. Salah satunya KI Sumbar telah terjun ke seluruh badan publik melakukan monev.

"Ini sebagai bentuk komitmen KI Sumbar agar badan publik di Sumbar dapat dihormati," katanya.

Selain monev, lanjut Nofal, KI Sumbar selama empat tahun ini juga memasifkan pentingnya KIP di tengah masyarakat.

Termasuk juga menyelesaikan sengketa informasi publik. Kegiatan lain dengan melakukan kegiatan yang sifatnya kolaboratif.

"Kerja KI Sumbar tidak terlepas dari berbagai pihak dengan kerja kolaboratif kerja inovatif. Bagaimana melayani keterbukaan informasi publik kepada masyarakat," pungkasnya.

Komentar