Alokasi Kursi DPRD Padang sudah Dua Kali Periode Pemilu

Metro- 16-12-2022 21:42
Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra ketika membuka uji publik tahap 3 menyangkut rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD di kota itu untuk pemilu 2024, Jumat (16/12). (Foto : Arzil)
Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra ketika membuka uji publik tahap 3 menyangkut rancangan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD di kota itu untuk pemilu 2024, Jumat (16/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Hari terakhir kegiatan uji publik KPU Kota Padang menyangkut rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD di kota itu untuk pemilu 2024, menghasilkan beberapa masukan dan juga perdebatan.

Terlebih menyangkut skema pembagian daerah pemilihan (dapil) di Kota Padang. Pasalnya, saat ini KPU merancang dua skema dapil, pertama rancangan lima dapil, dan kedua rancangan dengan enam dapil.

"Meski ada dua rancangan soal dapil itu, namun alokasi kursi untuk DPRD Kota Padang masih tetap dengan alokasi pada hasil dua periode pemilu sebelumnya yakni pemilu 2014 dan 2019 yaitu sebanyak 45 kursi," ungkap Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra dihadapan peserta uji publik dari parpol yang di ada parlemen dan parpol baru, stakeholder dan jurnalis, di Padang, Jumat (16/12).

Baca Juga

"Kami tidak mengetahui apakah nantinya alokasi kursi DPRD di Kota Padang pada pemilu 2024 nanti akan bertambah atau tidak, itu tergantung dari putusan KPU RI, setelah meneliti sejumlah pandangan dan masukan terhadap rancangan pembagian dapil di kota ini kami sampaikan ke KPU RI," lanjut Riki.

Dia juga menjelaskan, uji publik yang dilaksanakan itu berlangsung tiga kali, pertama pada Sabtu (10/12), kedua pada Rabu (14/12) dan tahap tiga pada Jumat (16/12).

Setelah dari uji publik ini, sambung dia, nantinya KPU akan buatkan tabulasi alokasi dan dapil lalu kirimkan hasil uji publik ini ke KPU RI, sehingga nantinya akan dikaji di tingkat pusat itu.

"Uji publik yang kami adakan ini adalah forum diskursus. Artinya pertemuan itu bukan menjadi keputusan, namun mencari atau menghimpun sejumlah saran dan masukan menyangkut alokasi kursi DPRD Kota Padang dan perubahan daerah pemilihan (dapil)," ungkap Riki.

Komentar