Dengan Pokir, JJ Dt Gadang Perhatikan Sektor Ekraf

Metro- 12-12-2022 14:30
JJ Dt Gadang saat buka bimtek peningkatan kapasitas pelaku ekraf dari Kabupaten Padangpariaman, Senin (12/12). (Dok : Istimewa)
JJ Dt Gadang saat buka bimtek peningkatan kapasitas pelaku ekraf dari Kabupaten Padangpariaman, Senin (12/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata (PSDPE Dispar) Sumbar, Raymon menegaskan, peran pelaku ekonomi kreatif (ekraf) sangat penting untuk menggerakkan perekonomian.

Karena itu dibutuhkan peningkatan pengetahuan para pelaku ekonomi kreatif tersebut, agar mampu bersaing dalam pemasaran produknya.

Penegasan ini disampaikan Raymon, saat mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaku Ekonomi Kreatif sub kegiatan fasilitasi pengembangan kompetensi sumber daya manusia ekonomi kreatif Gelombang IV, di Hotel Rocky Plaza Padang, Senin (12/12).

Baca Juga

Menurut Raymon, ada 17 sub sektor ekonomi kreatif dan 11 di antaranya berbasis teknologi. Sedangkan 6 lainnya berbasis budaya.

"Kemajuan teknologi dan informasi harus kita akomodir, agar kita bisa mengikuti perkembangan zaman. Semuanya membutuhkan orang orang kreatif dan inovatif. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku ekraf untuk bisa memilih bidang mana yang ingin mereka tekuni untuk meningkatkan perekonomiannya", kata Raymon.

Ketua Panitia Pelaksana Riki Suryadi MPar, yang juga Pejabat Fungsional Dinas Pariwisata Sumbar menyebutkan, Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diikuti 80 peserta dari Kabupaten Padangpariaman.

Kegiatan ini diinisiasi Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt Gadang dengan menggunakan Program Pokok Pikiran (Pokir) nya.

JJ Dt Gadang yang merupakan Anggota DPRD Sumbar dari Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), dihadapan 80 peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) 2022 Gelombang IV, pada kesempatan tersebut menegaskan, sebagai salah seorang wakil rakyat.

Ia selalu konsen membangun dan mengembangkan ekonomi kerakyatan terutama di nagari-nagari di Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Bahkan, tekad Pemprov Sumbar menumbuhkan 100 ribu enterpreneur (wira usaha) baru merupakan usaha yang patut didukung penuh.

Untuk itu, kata JJ Dt Gadang, salah satu upaya yang ia lakukan yakni dengan mengaplikasikannya dalam penempatan dana Pokir di berbagai kegiatan yang mengarah ke arah yang mendukung dan menumbuhkan wira usaha baru, dalam kerangka peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di Sumbar, terutama di Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman.

JJ Dt Gadang menambahkan, kegiatan ini dirancang dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para anggota pelaku ekraf dan tokoh masyarakat dalam rangka pengambangan kemampuan SDM Ekraf di lokasi tiap peserta di Kabupaten Padangpariaman.

Dirinya berharap, setelah mengikuti bimtek ini peserta bisa membawa pengetahuan dan wawasan yang didapat untuk mengembangkan kegiatan ekraf di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Padangpariaman.

"Semua peserta diharapkan menjadi mentor dalam pengembangan dan kebangkitan Ekraf di nagarinya. Sehingga berdampak luas dalam membantu perekonomian di tengah masyarakat," ujar Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra ini.

Komentar