Selang Sehari, DPRD Padang Sidempuan juga ke DPRD Sumbar

Ekonomi- 16-12-2022 14:12
Sekretaris DPRD Sumbar Raflis serahkan cinderamata pada pimpinan rombongan DPRD Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara di ruang Khusus I Kantor DPRD Provinsi Sumbar, Jumat (16/12). (Dok : Istimewa)
Sekretaris DPRD Sumbar Raflis serahkan cinderamata pada pimpinan rombongan DPRD Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara di ruang Khusus I Kantor DPRD Provinsi Sumbar, Jumat (16/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Sehari setelah menerima tamu dari rombongan DPRD Jambi, Sekretariat DPRD Sumbar juga menerima kunjungan rombongan dari DPRD Kota Padang Sidempuan, Sumut, Jumat siang (16/12).

Rombongan DPRD Kota Padang Sidempuan dijamu langsung oleh Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis didamping beberapa staf di ruang Khusus I Kantor DPRD Sumbar.

Dalam kunjungan tersebut, DPRD Kota Padang Sidempuan melakukan Koordinasi dan Konsultasi terkait dengan PP No.12 Tahun 2019, tentang Pengelolaan Keuangan Daerah khususnya Pasal 92 ayat 6, yang mengatur Jangka Waktu Penganggaran Pelaksanaan Kegiatan Tahun Jamak tidak melampaui masa jabatan Kepala Daerah berakhir.

Baca Juga

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, menerangkan secara rinci, termasuk juga peraturan daerah (Perda), yang berkaitan dengan PP nomor 12 tahun 2019, sehingga tidak terjadi pelanggaran dalam penyusunan dan penggunaan anggaran.

"Kami di Sumbar akan mengikuti aturan berlaku, untuk mengantisipasi agar jangan terjadi pelanggaran hukum, khususnya dalam penggunaan keuangan, apa lagi yang berkaitan dengan pembangunan fisik, juga akan memperkuat aturan pusat dengan aturan daerah," terang Raflis.

Ditambahkannya, dalam aturan undang-undang, DPRD provinsi dan kabupaten kota merupakan pemerintahan daerah, maka penganggaran berkaitan tahun jamak harus disepakati bersama, dengan mengacu berbagai aturan, untuk selanjutnya dikonsultasikan pada Kementrian Dalam Negeri.

"Semua harus melalui mekanisme jelas, sesuai aturan berlaku, agar tidak terjebak pada masalah hukum, dan kewajiban untuk melakukan evaluasi pada tingkatan lebih tinggi, jika provinsi ke Kemendagri, dan kabupaten kota ke provinsi," tambah Raflis.

Mendengar penjelasan Raflis, rombongan DPRD Kota Padang Sidempuan merasa puas, dan meminta agar bisa diberikan berbagai panduan yang dimiliki DPRD Sumbar.

"Terimakasih pak Sekretaris sudah memberikan berbagai masukan, dan kami berharap agar bisa juga diberikan panduan berupa keputusan dan peraturan lain, untuk kami jadikan acuan dalam penyusunan anggaran nantinya," tutur pimpinan rombongan.

Diskusi yang berlangsung serius namun santai tersebut, juga diseling berbagai candaan, untuk menambah keakraban antara tamu dan tuan rumah.(*)

Komentar