Trans Padang Koridor VI Resmi Beroperasional

Metro- 19-12-2022 19:06
Foto bersama jelang peresmian Trans Padang Koridor VI di pelataran parkir Universitas Andalas, Senin (19/12). (Foto : Fajril)
Foto bersama jelang peresmian Trans Padang Koridor VI di pelataran parkir Universitas Andalas, Senin (19/12). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Bus Trans Padang Koridor VI rute Pusat Kota-Limau Manis resmi beroperasi, Senin (19/12).

Ada sebanyak 10 unit bus Trans Padang dengan tipe low deck dioperasikan pada jalur ini.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, ini bukti janji Pemko Padang dalam penataan transportasi massal.

Baca Juga

"Hari ini diluncurkan Koridor VI yakni mulai dari Lapangan Imam Bonjol, Anduring, sampai titik ujung Universitas Andalas. Dengan demikian, tinggal dua koridor lagi yang akan dibuka. Yakni koridor II Pusat Kota-Bungus dan koridor V Pusat Kota-Nanggalo," tuturnya saat peluncuran Trans Padang Koridor VI di Auditorium Unand.

Ia berharap dengan penataan transportasi massal ini dapat mengurangi tingkat kemacetan. Sehingga masyarakat akan merasa nyaman melakukan aktivitas di Kota Padang.

"Inilah yang kami upayakan mencarikan solusi terbaik dalam hal transportasi kota," ucap Hendri Septa.

Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr Hefrizal Handra MSoc mengatakan, kebahagiaan bagi civitas akademika Unand mulai pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa atas kehadiran Trans Padang Koridor VI.

"Unand mengapresiasi program wali kota Padang dalam rangka pengembangan transportasi massal. Perlu kita dukung bersama karena bermanfaat bagi masyarakat Kota Padang. Tak hanya sekadar kenyamanan, lambat laut mengurangi kemacetan dan mengurangi emisi gas di Kota Padang," ucapnya.

Sementara, Plt Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri, Rico Rahmadian Albert mengatakan, armada ini sudah dilengkapi dengan teknologi modern. Seperti bus tracking, driver monitoring system, passenger counting sensor, automatic doorsdoors. Dan hampir sama dengan bus standar negara maju.

"Sementara jadwal operasionalnya mulai pukul 06.00-19.00," tuturnya seraya mengatakan tarifnya tetap dimana masyarakat Rp3.500.

Sementara pelajar dan mahasiswa Rp 1.500. Sistem pembayaran non tunai.

Komentar