Bertepatan Hari Ibu, KI Pusat Launching Majalah BUKA

Metro- 22-12-2022 15:38
Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat menghadiri launching majalah BUKA oleh KI pusat, Rabu (22/12). (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi saat menghadiri launching majalah BUKA oleh KI pusat, Rabu (22/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala.com - Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Donny Yoesgiantoro mengatakan, launching Majalah BUKA KI Pusat tahun ini beda, karena bertepatan dengan peringatan Hari Ibu.

Tema yang diusung kali ini berhubungan dengan kesetaraan gender yaitu "Perempuan dan Hak atas Informasi Publik".

Donny mengapresiasi terbitnya majalah ini, peran perempuan di Keterbukaan Informasi Publik sangat penting dalam memperkuat KIP se Indonesia.

Baca Juga

"Tidak ada di keterbukaan informasi publik itu diskromonisasi gender, semuanya sama hak memperoleh informasi publik, Hak Anda untuk tahu, tidak ada sekat gendernya loh, "ujar Donny, Rabu (22/12).

Lihat saja, perempuan mewarnai khasanah keterbukaan informasi publik di Indonesia ini. Di KI pusat ada dua komisioner perempuan, pejabat sekretariatnya banyak perempuan.

"Jajaran Komisioner di KI provinsi juga di isi perempuan hebat, selain itu di jajaran PPID Badan Publik yang mendominasi saya amati perempuan juga," ujar Donny lagi.

Komisioner KI Pusat Rospita Vici Paulyn menegaskan majalah ini sumbangsih KI Pusat untuk menasbihkan bahwa perempuan di keterbukaan informasi publik tidak ada diskriminasi.

Plt Sekretaris KI Pusat, Nunik Purwanti mengataka, majalah BUKA edisi 14 terkait penguatan keterbukaan informasi publik dan peran perempuan di era informasi publik.

"Majalah BUKA ini untuk menambah khasanah terhadap pentingnya keterbukaan Informasi Publik terkait perempuan dan hak atas informasi publik, juga memberi perspektif lain terhadap KIP terhadap perempuan di Indonesia, launchingnya juga bertepatan dengan Hari Ibu, " ujar Nunik.

Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi yang hadir di launching mengakui, adanya majalah ini menambah literasi pegiat keterbukaan khusunya kaum. perempuan.

"Momen launching pas saat Hari Ibu, ini tentu memberikan pencerahan terhadap perna perempuan di era keterbukaan sekarang ini," ujar Adrian.

Komentar