Unand Luluskan 1.103 Wisudawan Secara Daring

Edukasi-301 hit 30-06-2020 19:43
Rektor Unand Yuliandri beserta Senat dan Dekan Fakultas saat prosesi Wisuda Daring 2020 di Convention Hall, Unand, Selasa (30/6). (Dok : Istimewa)
Rektor Unand Yuliandri beserta Senat dan Dekan Fakultas saat prosesi Wisuda Daring 2020 di Convention Hall, Unand, Selasa (30/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Sebanyak 1.103 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang mengikuti wisuda secara daring dari rumah masing-masing di tengah pandemi Covid 19 ini, agar memutus rantai penularan Covid-19.

Jika kegiatan wisuda tidak dilaksanakan secara online maka otomatis nantinya akan menimbulkan keramaian, dan hal tersebut tentu berdampak pada penularan Covid 19.

"Pelaksanaan wisuda dipilih secara daring untuk mencegah penularan Covid-19 sehingga mahasiswa cukup mengikuti dari rumah lewat aplikasi Zoom," kata Rektor Universitas Andalas Profesor Yuliandri, Selasa (30/6).

Baca Juga

Di Unand, prosesi wisuda yang biasanya dilaksanakan di auditorium kampus tersebut, kali ini dipusatkan di Convention Hall Unand Padang, antara lain dihadiri rektor, senat, dan dekan perguruan tinggi itu.

Prosesi wisuda secara lebih sederhana karena tidak ada lagi pemindahan "jambul" salah satu aksesoris wisudawan.

Yuliandri berharap, prosesi wisuda daring kali ini tidak mengurangi makna atas perayaan kelulusan pada mahasiswa.

Setelah mahasiswa mengikuti wisuda, kata Yuliandri, mereka mengambil ijazah di fakultas masing-masing sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan menerapkan pembatasan sosial.

Sementara itu, salah seorang wisudawati, Romi Rahmat mengatakan, pelaksanaan wisuda secara daring tidak semeriah ketika dilaksanakan secara langsung di kampus sebagaimana sebelum terjadi pandemi virus.

"Kalau di kampus kan ramai, suasana perayaan lebih terasa semarak, namun karena masih Covid-19 jadi pilihan yang harus dilaksanakan secara daring," tutupnya.

Komentar