BBSB Telah Luncurkan Kamus Digital Limpapeh

Metro- 28-12-2022 19:44
Kepala BBSB, Eva Krisna bersama Kasubag Wahyudi paparkan kinerja kantornya kepada wartawan di Padang, Rabu(28-12-2022). (Foto : Arzil)
Kepala BBSB, Eva Krisna bersama Kasubag Wahyudi paparkan kinerja kantornya kepada wartawan di Padang, Rabu(28-12-2022). (Foto : Arzil)

Penulis: MN. Putra

Padang, Arunala.com - Selama 2022 ini, Balai Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) menyebutkan telah melakukan berbagai progres menyangkut kinerja instansi ini.

Dari data Balai Bahasa Sumbar (BBSB), diperlihatkan instansi ini menunjukan ada dua hal besar atas capaian program kerja Balai. Bahasa Sumbar ini yang telah dilaksanakan

Hal pertama menyangkut inovasi layanan, dan hal kedua yang berhubungan dengan capaian program kerja.

"Untuk hal inovasi, kami dari Balai Bahasa Sumbar telah membuat aplikasi digital Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia yang bernama Limpapeh: https//limpapeh.id atau https//kamus.minangkabau.kemdikbud.go.id, yang memuat 29 ribu entri, sebelumnya kamus ini dibuat dalam bentuk fisik," kata Kepala Balai Bahasa Sumbar, Eva Krisna dihadapan sejumlah wartawan saat menggelar taklimat media di kantor tersebut, Rabu (28/12).

Menyangkut capaian program, Eva Krisna menjelaskan, program yang dilakukan Balai Bahasa Sumbar dikerjakan berdasarkan model kelompok kerja yang dinamakan kelompok kepakaran dan layanan profesional (KKLP).

Di Balai Bahasa Sumbar ini, kami membagi dalam tujuh KKLP, dimana masing-masingnya mengampu spesialis sendiri-sendiri sesuai kepakarannya.

Dibeberkan Eva Krisna, untuk KKLP Perkamusan sudah menyusun Kamus Bahasa Minangkabau - Indonesia, yang akhirnya dirangkum dan diterbitkan pada 2009 lalu.

"Tidak sampai di situ, kantor kami juga meluncurkan Kamus Mentawai - Indonesia yang memuat 4.760 entri," kata Eva Krisna.

Bahkan lanjutnya, kamus yang dibuat Balai Bahasa Sumbar ini sudah mengeluarkan edisi keduanya pada 2012 dan edisi ketiga 2021 lalu. Pada edisi pembaruan di dua edisi itu terjadi penambahan entri dan penyempurnaan isi.

"Pada 2013, kami juga meluncurkan dua kamus lainnya yaitu Kamus Indonesia - Minangkabau dan Kamus Pelajar Bahasa Minangkabau - Indonesia, dan diteruskan pada 2015 dengan menerbitkan Kamus Ungkapan Minangkabau," ungkap Eva Krisna didampingi Kasubag Umum Balai Bahasa Sumbar, Wahyudi.

Selain itu, Eva melanjutkan, di 2022 Balai Bahasa meluncurkan aplikasi kamus digital Kamus Bahasa Minangkabau-Indonesia yang bernama Limpapeh: https//limpapeh.id atau https//kamus.minangkabau.kemdikbud.go.id.

"Tidak sampai di situ, kantor kami juga meluncurkan Kamus Mentawai - Indonesia yang memuat 4.760 entri," kata Eva Krisna.

Komentar