Stunting dan Difabel jadi Perhatian Penting Rifo Darma Saputra

Metro- 31-12-2022 19:44
Balon DPD RI dari Sumbar, Rifo Darma Saputra saat silaturahmi bersama pengurus Forwana Kabupaten Solok di Jakarta, Kamis (29-12-2022) kemarin. (Dok Istimewa)
Balon DPD RI dari Sumbar, Rifo Darma Saputra saat silaturahmi bersama pengurus Forwana Kabupaten Solok di Jakarta, Kamis (29-12-2022) kemarin. (Dok Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Pengurus Forum Wali Nagari (Forwana) se Kabupaten Solok mengundang bakal calon (balon) anggota DPD RI, Rifo Darma Saputra untuk silaturahmi sambil menikmati kopi pagi di Jakarta, Kamis (29/12) kemarin.

Tema pembahasan dalam pertemuan silaturahmi itu mengenai sejumlah permasalahan yang ada di masyarakat Kabupaten Solok, khususnya di Nagari Salayo.

Pembicaraan Rifo dengan para pengurus Forwana itu makin hangat ketika menyinggung persoalan stunting, dan difabel.

Untuk stunting, Rifo menjelaskan bahwa penanganannya harus berkesinambungan dan tepat sasaran.

Dengan memberikan bantuan makanan yang mengandung gizi tinggi, seperti telur, daging, kacang hijau, vitamin, sayuran dan buah-buahan segar.

"Ini semua harus dilakukan secara berlanjut dan melibatkan dokter gizi, karena tidak akan efektif jika bantuan ini diberikan yang hanya bersifat temporary," kata Rifo Darma Saputra ketika dihubungi Arunala.com , Sabtu sore (31/12).

Oleh karenanya, lanjut Rifo, semua pihak harus bersinergi dengan kepala daerah, perangkat nagari serta memaksimalkan peran Posyandu guna mengurangi angka stunting itu.

Dalam penanganan stunting ini, Rifo menjelaskan, dirinya sudah melakukannya di sejumlah provinsi di Indonesia, seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) serta provinsi lainnya.

Disamping itu, dirinya juga akan berupaya meningkatkan kuota untuk memberikan bantuan kursi roda, dan juga meningkatkan bantuan pangan untuk masyarakat yang terdampak stunting.

Kemudian mengenai untuk penyandang difabel, Rifo menyampaikan kepada pengurus Forwana Kabupaten Solok agar mendata jika ada masyarakat di nagari tersebut membutuhkan kursi roda.

Rifo juga menjelaskan, akan semaksimal mungkin membantu kaum difabel.

Sebelumnya pada Minggu (25/12) lalu, Rifo menyerahkan bantuan kursi roda bagi penyandang difabel (disabilitas) yang ada di Nagari Salayo, Kabupaten Solok.

"Saya bersyukur dapat informasi dari tokoh masyarakat di nagari itu, yang menyebutkan ada sejumlah penyandang difabel di Nagari Salayo yang membutuhkan kursi roda untuk menunjang aktivitas mereka. Sehari setelah mendapat informasi, langsung saya respon dengan memberikan kursi roda kepada mereka yang membutuhkannya," pungkas Rifo Darma Saputra.

Sementara, dalam kesempatan silaturahmi itu, Ketua Forwana Kabupaten Solok, Syamsul Azwar menyampaikan terima kasihnya dan sangat mengapresiasi niat baik dari Rifo Darma Saputra itu.

"Niat baik Pak Rifo ini sangat kami hargai dan kami siap bersinergi untuk membantu program stunting dan difabel Pak Rifo ini di Kabupaten Solok," ucap Syamsu Azwar.

Komentar