Tak Lagi Relevan, DPRD Sumbar Susun Kode Etik Baru

Metro- 06-01-2023 16:46
Ketua DPRD Sumbar, Supardi pimpin rapat pembentukan pansus Kode Etik DPRD, pada rapat paripurna, Jumat (6/1). (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Sumbar, Supardi pimpin rapat pembentukan pansus Kode Etik DPRD, pada rapat paripurna, Jumat (6/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Jumat (6/1), DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna.

Ada dua agenda dalam rapat itu, pertama pengesahan Perda Pembangunan Infrastuktur Berkelanjutan, kedua rapat penyusunan kode etik yang memuat tentang sikap dan perilaku anggota DPRD Sumbar tahun 2023.

Dalam rapat penyusunan kode etik itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi yang memimpin rapat menjelaskan, penyusunan Kode Etik untuk menjaga harkat, martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD Sumbar dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya.

Baca Juga

"Mengingat, sebelumnya DPRD Sumbar berpedoman pada Peraturan DPRD Nomor : 3 Tahun 2011 tentang Kode Etik anggota DPRD. Namun sekarang ini tidak sejalan lagi dengan perkembangan regulasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, pasca lahirnya PP Nomor 12 Tahun 2018," kata Supardi.

Dia menerangkan, dengan tidak laginya sesuai perkembangan kondisi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini.

"Maka dari itu, DPRD Sumbar melalui Bamus dengan menjalankan saran Kemendagri, agar menggagas perubahan Kode Etik DPRD itu," ucap Supardi.

Namun, kata dia, sebelum aturan menyangkut Kode Etik DPRD Sumbar itu dibahas lebih mendalam, lebih dulu DPRD Sumbar membentuk panitia khusus (pansus).

"Tugas dari pansus itu nantinya akan menyusun dan membahas Kode Etik DPRD Sumbar. Soalnya dengan ada Kode Etik yang baru itu, berbagai pekerjaan yang dilakukan anggota dewan sesuai dengan fungsi dan tugasnya bisa terakomodir," tukas Supardi lagi.

Di sisi lain, mekanisme pembentukan pansus pada hari itu, terlihat dihadiri utusan fraksi di DPRD Sumbar diantaranya, Fraksi Demokrat Nurnas, PDI P-KBB Syamsul Bahri, dan Fraksi PKS Nurfirmanwansyah.

Berdasarkan usulan masing-masing fraksi, telah disiapkan konsep keputusan DPRD tentang pembentukan dan penetapan keanggotaan panitia khusus penyusunan dan pembahasan kode etik DPRD Sumbar yang baru.

Komentar