Satker di KPU Diminta Kinerja Dibarengi Tanggung Jawab

Metro- 09-01-2023 22:38
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani saat menjawab pertanyaan wartawan seusai  penyerahan DIPA pada KPU kabupaten kota di Padang, Senin (9/1). (Foto : Arzil)
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani saat menjawab pertanyaan wartawan seusai penyerahan DIPA pada KPU kabupaten kota di Padang, Senin (9/1). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Semua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten kota di Sumbar menekan pakta integritas kinerja 2023 yang KPU Sumbar.

Penandatanganan pakta integritas kinerja ini langsung ditandatangani oleh ketua dan sekretaris masing-masing KPU kabupaten kota itu dengan KPU Sumbar di aula pertemuan kantor KPU Sumbar, Jalan Pramuka No.9, Padang, Senin sore (9/1).

"Ini kami lakukan di saat masing-masing KPU kabupaten kota itu menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 untuk pelaksanaan tahapan pemilu 2024 dari KPU RI," kata ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani kepada Arunala.com seusai penandatanganan pakta integritas dan kinerja itu.

Baca Juga

Penandatanganan ini, lanjut Yanuk, juga menjadi titik awal dari masing-masing KPU kabupaten kota dalam menjalankan program kerjanya dalam mencapai target pencapaian yang dilaksakan oleh masing-masing KPU kabupaten kota itu.

Saat ditanya berapa total jumlah DIPA yang diterima KPU Sumbar dan kabupaten kota?Yanuk menjawab, jumlah anggarannya kurang tahu pasti.

"Yang jelas, dari anggaran yang dikucurkan KPU RI nanti akan ada perubahan-perubahan lagi karena memang dalam perjanjian kinerja yang baru kami buat terkait dengan anggaran yang sudah dikirimkan KPU RI. Jadi, kalau ada perubahan anggaran itu nantinya, maka kami juga akan lakukan perubahan pula," kata Yanuk.

Ditanya lagi, sejauh mana evaluasi KPU Sumbar terhadap kinerja KPU kabupaten kota dan seperti apa, serta KPU mana yang capaian kinerjanya terendah?

Dalam hal ini, Yanuk menjelaskan, untuk soal capaian kinerja, berbanding lurus dengan anggaran yang bisa direalisasikan oleh masing-masing KPU kabupaten kota itu.

"Alhamdulillah, dari seluruh satker kabupaten kota yang ada di Sumbar secara umum dan ditambah dengan capaian kinerja KPU Sumbar, berada diangka 97 persen. Artinya angka ini sudah sesuai dengan target yang kami inginkan," jelas Yanuk lagi.

Makanya, lanjut Yanuk, dengan realitas kinerja yang dinilai sudah maksimal itu, tentunya masing-masing KPU kabupaten kota agar bisa mempertanggungjawabkan realiasi yang mereka laksanakan.

"Bisa saya tegaskan, capaian kinerja yang dilakukan harus juga dibarengi dengan tanggung jawab dan komitmen yang tinggi," pungkas Yanuk Sri Mulyani.

Komentar