Pasar Malam Imlek, Magnet Baru Wisata Sumbar

Metro- 11-01-2023 21:19
Peresmian Pasar Malam Imlek 2574 yang ditandai dengan pemukulan tambur di Kampung Pondok, Kelenteng Lama, Kota Padang, Rabu (11/1). (Foto : Fajril)
Peresmian Pasar Malam Imlek 2574 yang ditandai dengan pemukulan tambur di Kampung Pondok, Kelenteng Lama, Kota Padang, Rabu (11/1). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Pasar Malam Imlek 2574 resmi digelar di Kampung Pondok, Kelenteng Lama, Kota Padang.

Pasar malam yang berlangsung sejak Rabu (11/1) hingga Minggu (15/1) ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2574 pada Minggu (22/1). Sekaligus melestarikan budaya dan menggaet wisatawan.

Peresmian Pasar Malam Imlek 2574 ini ditandai pemukulan tambur oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, Wali Kota Padang Hendri Septa, Tokoh Kampung Pondok sekaligus Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman, dan Forkopimda Sumbar dan Kota Padang.

Baca Juga

"Kami telah mencanangkan tahun 2023 Visit Beautiful West Sumatera. Pasar Malam Imlek 2574 ini masuk dalam calender of event Dinas Pariwisata Sumbar. Dan ini event pertama yang digelar di Sumbar pada tahun ini," kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy saat memberikan sambutan.

Ia berharap Pasar Malam Imlek ini menjadi magnet baru bagi pariwisata Sumbar. Apalagi kegiatan ini cukup unik dan menarik, karena diselenggarakan di kawasan perkampungan Tionghoa.

"Termasuk juga Kelenteng Lama tempat penyelenggaraan iven ini merupakan bagian dari sejarah Kota Padang khususnya Sumbar umumnya," sebutnya.

Pemprov Sumbar dalam hal ini Dinas Pariwisata Sumbar, sebut Audy Joinaldy, memberdayakan kota tua di Kota Padang.

"Kami telah mengalokasikan anggaran untuk blue print kota tua ini. Dan kita berharap Kota Padang seperti Kota Semarang yang telah berhasil memberdayakan kota tuanya," ungkap Audy.

Ia mengajak bahu membahu pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan masyarakat Kampung Pondok membenahi kota tua ini.

"Sesuai tagline Visit Beautiful West Sumatera 2023, kami ingin mengembalikan 4,2 juta wisatawan domestik yang hilang tahun lalu. Dan kita berharap, tahun ini its time to growth bukan lagi recovery. Ditargetkan tahun ini, 8,2 juta wisatawan domestik berkunjung ke Sumbar," tegasnya.

Dengan adanya calender of event termasuk juga Pasar Malam Imlek 2574 ini, tutur Audy, menjadi penggerak utama perekonomian termasuk wisata Kota Padang khususnya.

"Tahun ini sangat ramai dan meriah. Semoga tahun depan makin meriah lagi Pasar Malam Imleknya," harap Audy.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Padang, Hendri Septa.

"Kelenteng Lama tempat penyelenggaraan Pasar Malam Imlek 2574 ini menjadi daya tarik pariwisata Kota Padang. Apalagi, kelenteng lama termasuk peninggalan sejarah Kota Padang," tuturnya.

Pemko Padang, sebut Hendri Septa, berkomitmen mendukung kemajuan kawasan objek wisata kota tua sebagai bagian dari konsep wisata terpadu Gunung Padang.

Caranya dengan memperbaiki sarana prasaran pendukung serta inovasi untuk menggairahkan kawasan kota tua.

"Saya berharap dukungan semua pihak dan warga," imbuhnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kampung Pondok sekaligus Anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman mengatakan Pasar Malam Imlek ini bertujuan untuk membantu komunitas Tionghoa di dalam menyiapkan kebutuhan dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

"Di sinilah nantinya panitia menyediakan sembako dengan harga murah dan terjangkau," ungkapnya.

Setelah ini, sebut Albert, Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 pada 22 Januari.

"Dua minggu setelah Imlek, kami mengadakan Festival Cap Go Meh pada 5 Februari mendatang. Inilah puncak perayaan Tahun Baru Imlek," ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Ia juga mengungkapkan pihaknya bersama Dinas Pariwisata Sumbar telah mengadakan Forum Group Discussion (FGD) membuat blue print kawasan kota tua.

"Oleh karena itu saya meminta dukungan dari tuako dan jiko atas pemberdayaan kota tua ini. Dengan harapan membangkitkan kembali kawasan Kampung Pondok," harap Albert.

Berikut agenda Pasar Malam Imlek 2574. Pada Rabu (11/1) pasar malam akan dimeriahkan dengan pertunjukan Barongsai Patok HTT.

Selain itu juga akan disuguhi penampilan penyanyi ibu kota yakni Tika KDI.

Para pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan musik, biola dan dance dari himpunan keluarga etnik Tionghoa di Padang.

Kamis (12/1), pengunjung kembali disuguhi pertunjukan barongsai, kali ini dari marga Huang.

Selain itu juga bakal ada penampilan dari Ajo Buset yang siap mengocok perut pengunjung.

Pasar Malam juga bakal dimeriahkan dengan pertunjukan band tingkat SMP dan SMA, serta juga pertunjukan Dance.

Jumat (13/1), kembali Barongsai HTT akan menghibur para pengunjung yang datang.

Selain itu juga akan ada pertunjukan tari piring dari SMA Don Bosco.

Pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan dari Upik Isil dan juga ada pertunjukan bela diri Wushu HTT.

Sabtu (14/1), akan ada pertunjukan barongsai dari keluarga Lim, Pertunjukan Tari dari SD Manjushri, pemilihan talent muda, serta penampilan Kpop Blitz.

Minggu (15/1), akan ada Lomba Mewarnai, atraksi barongsai patok HBT, penampilan karate dari himpunan keluarga TAN, pertunjukan tari teratai dari SMP Manjushri, serta atraksi Naga Lim.

Kegiatan Pasar Malam Imlek 2574 ini juga bakal dimeriahkan dengan bazar sembako murah di Gedung Marga Tjoa-Kwa, stan kuliner makanan halal di gedung Marga TAN, area permainan anak di Gedung HTT, Reptile Zone di gedung marga THE, serta berbagai stan promosi lainnya.

Komentar