Strategi Pengembangan Wisata Maek Dikupas

Wisata- 15-01-2023 06:22
Tim KKN Tematik UNP bersama Wali Nagari Maek dan 12 kepala jorong selingkungan Maek. (Dok : Istimewa)
Tim KKN Tematik UNP bersama Wali Nagari Maek dan 12 kepala jorong selingkungan Maek. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Limapuluh Kota, Arunala.com - Strategi Nagari Maek untuk pengembangan potensi wisata daerahnya dikupas secara komprehensif antara puluhan mahasiswa UNP yang KKN Tematik di Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Para mahasiswa, perangkat nagari hingga ke tingkat jorong saling beri masukan agar potensi wisata di Maeh ini lebih berkembang lagi.

Sekretaris KKN Tematik UNP Desvy Sagita Ramadhyanti, menyebutkan, pembahasan yang dikupas dalam pertemuan pada Sabtu (14/1) itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal mahasiswa KKN ini dengan perangkat nagari dan jorong setempat, Kamis (12/1) lalu.

Baca Juga

"Saat itu, kami telah mengadakan pertemuan dengan wali nagari dan 12 kepala jorong serta wali nagari persiapan untuk membahas program yang menjadi agenda KKN Tematik kami di wilayah ini," kata Desvy.

Menurutnya, pertemuan itu membahas program kegiatan KKN Tematik UNP yakni "Optimalisasi Penggunaan Sosial Media dalam Upaya Promosi Objek Wisata di Nagari Maek".

Desvy memaparkan, luaran dari kegiatan KKN yang ingin dicapai diantaranya pembuatan buku pariwisata, video promosi objek wisata, pelestarian situs cagar budaya Menhir.

Selain itu menghidupkan kembali lokasi perkemahan (spot camping) di Bukik Pahoruso, pelestarian objek wisata Bukik Posuak dan Air Terjun Sarasah Barasok.

Kemudian, mendorong inovasi UMKM di bidang kuliner khas Nagari Maek, serta penyelenggaraan Festival Alek Nagari Maek 2023.

Wali Nagari Maek, Efrizal Hendri Datuak Patiah, mengungkapkan harapan atas kesinambungan program dari mahasiswa, dalam membantu promosi potensi wisata yang ada di wilayahnya.

"Saya berharap, kegiatan KKN Tematik mahasiswa UNP ini memiliki tindak lanjut jangka panjang, sehingga memberikan dampak positif bagi pembangunan nagari serta peningkatan kualitas hidup masyarakat," ucap Efrizal.

Adapun Kepala Jorong Koto Tinggi 2, Benaldi menyampaikan, pihak jorongnya berkomitmen mendukung penuh kegiatan KKN Tematik di wilayah dia.

Komentar