Satu Calon Penumpang KMP Ambu-Ambu di Karantina

Metro-261 hit 09-07-2020 12:25
Saat petugas dari Satgas Covid Matra Laut Sumbar membawa satu calon penumpang KMP Ambu-Ambu ke tempat Karantina, karena diketahui reaktif hasil rapid testnya, Kamis pagi (9/7). (Dok : Istimewa)
Saat petugas dari Satgas Covid Matra Laut Sumbar membawa satu calon penumpang KMP Ambu-Ambu ke tempat Karantina, karena diketahui reaktif hasil rapid testnya, Kamis pagi (9/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Seorang calon penumpang kapal motor penumpang (KMP) Ambu-Ambu tujuan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dibawa Satgas Gugus Covid Matra Laut Sumbar ke tempat karantina Balai Diklat Pemda Sumbar di Padang Besi, karena hasil rapid test dirinya reaktif, pada Kamis pagi (9/7) sekitar pukul 09.30.

Adanya satu calon penumpang kapal itu yang reaktif hasil rapid test-nya dibenarkan General Manager ASDP Padang, Arsil saat dihubungi Arunala.com di Padang, Kamis (9/7) pagi.

"Memang ada satu calon penumpang berjenis laki-laki berusia 42 tahun yang dikarantinakan, karena hasil rapid-nya reaktif," kata Arsil.

Baca Juga

Informasi yang dia dapat, sedianya pria ini akan berangkat menuju Siberut Kamis pagi ini dengan KMP Ambu-Ambu di Pelabuhan Bungus. Karena pihak ASDP menerapkan standar kesehatan, maka calon penumpang wajib jalani proses pemeriksaan rapid test atau PCR (tes Swab) yang ada di pelabuhan.

"Nyatanya memang ada satu calon penumpang yang hasil rapid-nya reaktif, pagi ini. Mengetahui hal itu tim Tim Gugus Covid Matra Laut Sumbar langsung membawa pria ini ke tempat karantina," ujar Arsil lagi.

Terpisah, Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri juga membenarkan ada satu calon penumpang KMP Ambu-Ambu yang dibawa ke karantina di Balai Diklat Pemda Padang Besi.

"Pria berinisial "HA" itu langsung kami bawa ke tempat karantina begitu hasil rapid test-nya reaktif. Direncanakan besok (Jumat, red) akan dilakukan tes Swab kepadanya," sebut Yosmeri.

Dia menambahkan, pada dua minggu sebelumnya juga ada satu calon penumpang KMP Ambu-Ambu yang reaktif hasil rapid-nya dan juga sempat diisolasi.

"Namun setelah dilakukan uji Swab terhadapnya, ternyata hasilnya negatif Covid," ujar Yosmeri lagi.

Yosmeri juga menyampaikan, sejak prosedur rapid test atau PCR bagi calon penumpang kapal di pelabuhan Bungus diberlakukan pada awal Juni lalu, sudah banyak calon penumpang yang jalani prosedur ini.

"Sejak awal Juni 2020 hingga Kamis (9/7) ini, setidaknya sudah ada 2.727 orang calon penumpang kapal yang sudah di rapid test dan Swab. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan masih berlayarnya kapal penumpang di Pelabuhan Bungus ini," kata Yosmeri.

Komentar