Wakil Ketua DPRD Tegaskan tak Ada Intervensi

Metro- 19-01-2023 11:10
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib dan Komisi I saat lakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KI Sumbar periode 2023-2027, Kamis (19/1). (Foto : Arzil)
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib dan Komisi I saat lakukan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KI Sumbar periode 2023-2027, Kamis (19/1). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Kamis ini (19/1), delapan dari 15 calon anggota Komisi Infomasi (KI) Sumbar yang lolos tahap wawancara dan tes psikologi, mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest), yang diadakan Komisi I DPRD Sumbar, di ruang rapat Bamus, kantor DPRD Sumbar.

Sebelum dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest), Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib yang membuka pelaksanaan uji kepatutan itu menerangkan bagi peserta yang ikut uji kepatutan ini tentu sangat berharap akan terpilih.

Namun pada kenyataan nantinya tentu ada pula yang tidak terpilih.

"Untuk itu saya harapkan, bagi yang terpilih nantinya menjadi anggota KI Sumbar periode 2023-2027, tentunya bisa mengaktualkan visi misi serta tujuan dari keberadaan KI itu sendiri, sedangkan bagi peserta yang belum terpilih, jadikan hal ini sebagai kesuksesan yang tertunda," kata Suwirpen.

Suwirpen juga menjelaskan, uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Komisi I ini merupakan tindak lanjut dari tahapan pengumuman calon peserta yang lolos tahap tes wawancara dan psikologi.

Dimana proses uji kelayakan dan kepatutan itu, lanjut politisi Demokrat itu, harus dilaksanakan DPRD Sumbar melalui Komisi I selambat-lambatnya 30 hari setelah hasil tahapan wawancara itu diumumkan tim seleksi.

Di sisi lain, Suwirpen juga menyebutkan, kapasitas Komisi I melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan bagi calon anggota KI Sumbar itu tidak perlu diragukan karena komisi ini merupakan tim yang hebat.

"Jadi saya tegaskan, tidak tekanan atau intervensi dari pihak mana pun terhadap putusan yang akan ditetapkan Komisi I dalam menetapkan lima calon anggota KI Sumbar terpilih nantinya," tukas Suwirpen.

Sementara itu, dari pantauan Arunala.com di lokasi menunjukkan, delapan calon peserta anggota KI Sumbar yang ikut uji kelayakan dan kepatutan lebih dulu mencabut lot untuk menetapkan siapa dari mereka yang akan lebih dulu ikuti uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan Komisi I secara bergiliran.

Delapan calon anggota KI Sumbar yang ikut Kamis (19/1), adalah Ahmad Lamli, Arif Rahman, Arif Yumardi, Budi Warman, Harry Herman, Idham Fadli, Jafni Eka Syawaldi dan Mona Sisca.

Komentar