Tersengat Listrik, Arif Tewas Tergantung di Tiang

Metro-1751 hit 20-07-2020 17:34
Warga menyaksikan korban tersengat listrik yang masih berada di tiang salah satu tower telekomunikasi di kawasan Jalan Ujung Tanah, Padang, Senin (20/7). (Dok : Istimewa)
Warga menyaksikan korban tersengat listrik yang masih berada di tiang salah satu tower telekomunikasi di kawasan Jalan Ujung Tanah, Padang, Senin (20/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Tersengat arus listrik, seorang pekerja tower asal Kepulauan Mentawai, Arif (23) tewas tergantung dengan posisi kepala kebawah di tiang salah satu tower milik provider telekomunikasi kawasan Jalan Ujung Tanah, Lubuk Begalung Padang, Senin (20/7) sekitar pukul 12.00 siang.

Diketahui, korban tersengat listrik ketika hendak mengganti baterai tower tersebut. Sebelum diganti, korban lebih dulu mencek keadaan baterai tower itu. Namun di saat itu, tubuh korban mengenai kabel yang beraliran listrik yang ada di tower itu dan tersengat.

"Saya tahunya korban sudah dalam keadaan tergantung diatas tower. Sepengetahuan saya, korban saat itu ingin mengganti baterai tower itu dengan yang baru," ujar rekan kerja korban, Rama (21) kepada media, Senin (20/7).

Baca Juga

Ditambahkannya, korban merupakan asal Kepulauan Mentawai dan hanya sendiri di Kota Padang. "Keluarganya tidak ada, saya hanya teman kerjanya sebagai pekerja tower," terang Rama lagi.

Sementara itu, Komandan Tim Basarnas Padang, Yudi Riva mengaku menerima informasi dari tim Basarnas yang ada di lapangan. Namun sesampai dilokasi kejadian, korban ditemukan memang dalam keadaan tergantung di atas tower dan diduga sudah meninggal dunia.

"Kami mendapat informasi dari tim kita di lapangan sekitar 13.15 Wib dan kami langsung ke lapangan untuk mencek kebenaran informasi ini," ujarnya.

Ditambahkan, saat mengevakuasi, pihaknya menggunakan alat vertikal dan sistem yang sudah dibuat personil Basarnas di lapangan untuk mengevakuasi korban.

Dalam evakuasi, tidak mengalami kesulitan, soalnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN lebih dulu untuk memastikan arus benar-benar sudah mati.

"Kami tidak bisa memastikan korban ini sudah meninggal. Tapi kami mencurigai, korban memang sudah meninggal dunia dan setelah dievakuasi, korban selanjutnya dilarikan ke RSUP M Djamil Padang," tukasnya.

Berdasarkan informasi di lapangan, akibat kejadian tersebut tubuh korban yang diduga telah meninggal dunia itu tampak terbujur kaku dan menggantung di tiang tower. Kemudian korban bersama dengan rekannya mulai melakukan pengerjaan itu sejak pukul 10.00 Wib.

Sementara itu untuk mengevakuasi korban, petugas tampak memanjat tiang tower untuk menurunkan tubuh korban dengan berhati-hati untuk melakukan proses evakuasi menggunakan tiang serta tali.

Komentar