Menteri KKP Minta Unand Tingkatkan Kolaborasi Hasil Riset

Metro- 16-03-2023 21:04
Foto bersama Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH. (Dok : Istimewa)
Foto bersama Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH. (Dok : Istimewa)

.

Sementara itu, Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH mengatakan kehadiran Pusat Riset Stem Cell dan Biobank merupakan dukungan dari berbagai pihak dan seluruh civitas akademika Unand.

"Dengan perubahan status Unand, pengembangan-pengembangan riset ini terus kita maksimalkan," kata Yuliandri.

Diketahui, stem cells atau sel punca adalah tindakan medis untuk pengobatan berbagai penyakit dengan perbaikan atau terapi sel-sel tubuh yang sudah mati untuk diperbarui dengan jaringan yang baru.

Metode stem cells kini tengah dikembangkan di berbagai rumah sakit dan fakultas kedokteran di seluruh dunia.

Selain pusat riset, Unand juga meluncurkan badan usaha perseroan dan unit-unit usaha di lingkungan kampus.

Sejumlah unit usaha yang dimaksimalkan pengembangannya yakni di bidang riset kesehatan, farmasi, pertanian, peternakan, dan potensi usaha lainnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi juga berharap kehadiran KKP di Unand dapat memberikan kabar menggembirakan pada masyarakat, terutama di sektor perikanan.

"Meski hasil riset soal kesehatan telah pernah dilakukan. Sekarang hasil riset soal bidang lainnya yakni pangan supaya bisa memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat," harapnya.

Komentar