Gubernur Minta Disperindag Cari Solusi

Metro- 18-03-2023 17:46
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat tinjau harga sembako di Pasar Bandar Buat, Padang, Sabtu (18/3). (Dok : Istimewa)
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat tinjau harga sembako di Pasar Bandar Buat, Padang, Sabtu (18/3). (Dok : Istimewa)

Padang, Arunala.com - Rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan peninjauan ke Pasar Bandar Buat, Padang, Sabtu (18/3).

Kunjungan orang nomor satu di Sumbar tersebut dalam rangka memantau ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok menjelang bulan puasa.

Mahyeldi mengatakan, berdasarkan pengamatan di Pasar Bandar Buat, rata-rata semua bahan pokok tersedia dengan cukup dan harganyapun terjangkau.

Baca Juga

Ia menyebut, kestabilan seperti ini penting apalagi menjelang bulan Ramadan.

"Alhamdulillah, semua kebutuhan pokok tersedia dengan cukup, belum ada kenaikan harga yang signifikan. Sampai saat ini relatif masih terjangkau," sebut Mahyeldi.

Ia menyatakan, memang ada beberapa komoditas yang saat ini harganya sedikit bergerak naik seperti telur, minyak goreng dan daging. Tapi itu, masih tergolong wajar karena pengaruh tingginya permintaan pasar.

Mengingat tradisi masyarakat di Sumbar yang jamak melakukan doa bersama jelang memasuki bulan Ramadan.

"Memang ada beberapa komoditas yang harganya sedikit bergerak naik, tapi itu masih wajar dan terjangkau karena pengaruh tingginya permintaan pasar menjelang bulan suci Ramadan, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera stabil kembali," ujarnya.

Disamping itu, Gubernur mendapat laporan dari pedagang, bahwa untuk minyak goreng masih terkendala dalam pengiriman.

Mahyeldi menambahkan, walaupun saat ini stok masih aman, namun jika dibiarkan lama dikhawatirkan akan mengganggu ketersediaan barang dipasaran.

Menyikapi hal tersebut, Mahyeldi berjanji akan menugaskan Disperindag Sumbar untuk membahas hal tersebut dengan para suplayer, agar segera ada solusi sehingga ketersediaan barang dipasaran dapat kembali normal.

"Tadi ada laporan, bahwa ada kendala pengiriman untuk minyak goreng. Meski stok sampai bulan Ramadan masih cukup. Tapi itu, harus segera ada solusi, jangan lama. Saya minta Disperindag Sumbar segera bahas dengan suplayer apa masalah sebenarnya," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat islam di Sumbar khususnya para pedagang dan pengunjung Pasar Bandar Buat.

"Saya atas nama pribadi dan Pemprov Sumbar menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam di Sumbar, semoga amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT," ucapnya.

Hadir mendampingi Gubernur Mahyeldi, dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setprov Sumbar, Maifrizon. Sekretaris Kabid Perdagangan dan Kabid Pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar. (adpsb)

Komentar