Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Awasi Pilkada

Metro-142 hit 25-07-2020 09:22
Ketua Bawaslu RI, Abhan saat beri arahan kepada Anggota Bawaslu Sumbar dan jajarannya soal pelaksanaan pengawasan Pilkada di masa Pandemi Covid-19, di Kantor Bawaslu Sumbar, Jumat malam (24/7). (Foto : Dyz)
Ketua Bawaslu RI, Abhan saat beri arahan kepada Anggota Bawaslu Sumbar dan jajarannya soal pelaksanaan pengawasan Pilkada di masa Pandemi Covid-19, di Kantor Bawaslu Sumbar, Jumat malam (24/7). (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengaku optimistis setiap jajarannya tetap melakukan pengawasan Pilkada serentak 2020 di tengah pendemik Covid-19 dengan baik.

Ini dikatakan Abhan ketika hadir di Bawaslu Sumbar saat lakukan monitoring dan supervisi, Jumat malam(24/7).

Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi, menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi Bawaslu.

Baca Juga

"Bukan pekerjaan ringan, yang penting diterapkan protokol kesehatan harus dijaga guna mencegah penyebaran Covid-19," kata Abhan dihadapan para Anggota Bawaslu Sumbar dan jajaran Sekretarianya.

Menurut dia, ini tentu jadi tambahan pekerjaan pengawasan bagi Bawaslu. Pengawasan itu, lanjut Abhan, tidak hanya di masa kampanye. Tapi sampai pemungutan suara. Misal pemilih harus pakai masker, dan lain-lain.

"Kewajiban Bawaslu mengawasi itu, sebab masalah keselamatan tidak bisa ditawar," tegas Abhan.

Semua penyelenggara baik Bawaslu maupun KPU serta lapisan masyarakat wajib menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan harus juga dibarengi kepatuhan dan kesadaran masyarakat pemilih, supaya seiring dan sejalan. Jangan sampai penyelenggara dan masyarakat tertular Covid-19.

"Kita tidak menginginkan munculnya klaster baru penyerabaran corona di saat Pilkada serentak 2020," tegasnya.

Perihal protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Abhan menyebutkan hal yang sangat penting.

Ini perlu dipahami sekali oleh masyarakat, karena taruhannya mengarah kepada keselamatan.

"Wajib perhatian protokol kesehatan yang dibuat penyelenggara di TPS nanti," pungkas Abhan.

Komentar