Sumbar Siap Gelar MTQ Nasional pada November ini

Metro-171 hit 29-07-2020 15:37
Gubernur Irwan Prayitno saat beri sambutan saat launching MTQ Nasional XXVIII yang diadakan di Sumbar pada November 2020 nanti, Selasa (28/7). (Dok : Istimewa)
Gubernur Irwan Prayitno saat beri sambutan saat launching MTQ Nasional XXVIII yang diadakan di Sumbar pada November 2020 nanti, Selasa (28/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi menekankan agar Pemprov Sumbar selaku penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVIII, agar MTQ tidak hanya sebagai ajang pencarian bakat tapi lebih kepada memaknai Al Quran sebagai pedoman dalam kehidupan.

"Kegiatan MTQ kali ini tidak hanya sebagai ajang kontestasi, tapi harus dimaknai lebih dari itu, yakni menstimulasi umat agar lebih mencintai dan mempelajari Alquran serta berpedoman kepada ajaran yang terkandung didalamnya," kata Menag," saat menyaksikan secara virtual launching MTQ ke-XXVIII yang diadakan Pemprov Sumbar di Hotel Inna Muara Padang, Selasa (28/7).

Ada lima poin penting disampaikan Menag terkait MTQ Nasional ini di Sumbar. Hal itu berhubungan dengan pelaksanaan MTQ nasional kali ini dalam suasana pandemipandemi Covid-19.

Baca Juga

"Hal pertama yang harus diperhatikan, adanya komitmen penyelenggara agar menerapkan protokol kesehatan ke semua lini, aspek regulasi, pembiayaan, kesehatan diharapkan menjadi prioritas utama dalam penyelenggaraan nanti," kata Fachrul Razi.

Hal kedua, lanjut menteri ini, persiapan fisik dan non fisik, persiapan kafilah, dewan hakim harus disesuaikan dengan aturan yang ada.

Poin ketiga disampaikan, anggaran pelaksanaan MTQ penggunaannya harus akuntabel, transparan, tepat guna, dan tepat sasaran sehingga tidak menyulitkan dalam pelaporan dan pertanggung jawabannya.

Sedangkan poin keempat, melalui LPTQ provinsi berpesan harus berlomba untuk membina dan menampilkan potensi dari qori/qoriah, hafiz/hafizah yang terbaik.

Untuk poin terakhir, terang Menag, MTQ ini bisa mengangkat syiar Islam.

"Sebab itu diharapkan dukungan serta kerjasama semua stakeholder terkait, serta panitia pelaksana dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," pesan Fachrul Razi.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang meresmikan acara launching itu mengatakan ini adalah penantian panjang Pemprov Sumbar untuk bisa menyelenggarakan MTQ nasional ini.

"Sebagai pihak penyelenggaran pemprov akan berusaha maksimal mensukseskan kegiatan ini, walau masih dalam suasana pandemi," kata Irwan Prayitno.

Dirinya mengatakan launching ini dimaksudkan untuk menginformasikan kepada publik terkait kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah MTQ nasional yang selenggarakan helat pada 12-21 November 2020 nanti.

Selain itu Irwan Prayitno juga memastikan acara MTQ nanti akan dilakukan dengan protokol kesehatan baik saat pembukaan maupun penutupan, dan ini berbeda dengan pelaksanaan MTQ selama ini.

"Yang hadir dibatasi, walau secara fisik mereka hadir, tapi mungkin penonton bisa melihat melalui aplikasi zoom atau streaming, itulah yang membedakan," ucapnya lagi.

Irwan Prayitno berharap MTQ nanti bisa menghasilkan Qori/Qoriah yang profesional, tapi tetap dalam keadaan aman, sehat dan kafilah bisa kembali ke kampung halaman dengan selamat.

Pada launching yang digelar secara virtual itu juga disaksikan Wakil Gubernur Sumbar, Forkopimda, Kemenag Sumbar, bupati wali kota se-Sumbar.

Komentar