Bawaslu Minta Berkas Permohonan FAGE Diperbaiki

Metro-322 hit 01-08-2020 22:50
Ilustrasi : Bawaslu.
Ilustrasi : Bawaslu.

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Sumbar mengembalikan permohonan sengketa pilkada yang diserahkan kuasa hukum bakal dari pasangan calon (bapaslon)Gubernur dan Wakil Gubernur jalur perseorangan Fakhrizal-Genius Umar (FAGE) untuk diperbaiki.

Alasan Bawaslu mengembalikan berkas permohonan itu karena dinilai belum lengkap. Hal ini dibenarkan kuasa hukum FAGE, Virza Benzani saat dihubungi Arunala.com , Sabtu malam (1/8).

"Kami memang menerima penjelasan Bawaslu agar permohonan kami itu diperbaiki. Sebab dalam hasil pleno bawaslu, ada beberapa hal yang harus dilengkapi dan diperbaiki," sebut Virza.

Baca Juga

Pemberitahuan Bawaslu itu, terang dia, diterimanya pada Rabu (29/7) lalu. Itu setelah Bawaslulakukan pemeriksaan administratif dari permohonan klien Virza itu apakah sudah memenuhi syarat formal maupun materil.

"Memang ada satu surat yang harus kami lengkapi di permohonan itu yakni daftar surat bukti, jadi ada daftar kayak kolomgitu. Sedangkan surat buktinya sendiri sudah kami lampirkan di dalam permohonan itu," jelas Virza lagi.

Makanya dia menjelaskan, hasil perbaikan permohonan kliennya itu akan dimasukkan kembali ke Bawaslu sekitar hari Senin (4/8) atau Selasa (5/8).

"Soalnya masa untuk pengembalian hasil perbaikan permohonan itu berlangsung selama tiga hari kerja. Mengingat Jumat (31/7) merupakan hari libur nasional yakni Idul Adha, maka permohonan itu akan kami serahkan antara Senin dan Selasa depan," kata Virza.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengatakan pihaknya mengembalikan berkas permohonan sengketa pilkada yang diajukan bapaslon perseorangan Fakhrizal-Genius Umar (FAGE)

"Putusan mengembalikan permohonan FAGE itu berdasarkan rapat pleno Bawaslu Sumbar pada Rabu (29/7). Permohonan itu harus diperbaiki karena dinilai belum lengkap," sebut Surya Efitrimen.

Kemudian, lanjut dia, bapaslon punya waktu memperbaiki permohonan itu selama tiga hari kerja yakni mulai Rabu, Kamis dan Senin (4/8).

"Soalnya untuk Jumat (31/7) merupakan hari libur nasional yakni Idul Adha, makanya tanggal 4 Agustus 2020 merupakan hari terakhir bagi bapaslon itu untuk menyerahkan berkas permohonan yang diperbaiki itu," kata Surya Efitrimen.

Komentar