Tujuh Kapolres di Sumbar Jalani Rotasi Jabatan

Metro-604 hit 04-08-2020 23:51
Foto : Mapolda Sumbar. (Dok : Istimewa)
Foto : Mapolda Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Can

Padang, Arunala - Tujuh orang Kapolres di tujuh daerah di Sumbar di rotasi Mabes Polri. Rotasi para perwira menengah (Pamen) di jajaran Polda Sumbar itu sesuai Surat Telegram Kapolri Jenderal Polisi Irdam Aziz bernomor ST/2247/VIII/KEP/2020, Nomor: ST/2248/VIII/KEP/2020 dan Nomor: ST/2250/VIII/KEP/2020 tanggal 3 Agustus 2020 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Drs Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam Telegram Kapolri ini juga di rotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) di sejumlah Polda termasuk sejumlah pejabat utama Mabes Polri.

Terjadinya rotasi jabatan di jajaran Polda Sumbar dan Kapolres itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada wartawan di Padang, Selasa (4/8).

Baca Juga

"Rotasi jabatan di jajaran kepolisian merupakan hal yang biasa terjadi dan merupakan suatu penyegaran untuk organisasi," kata Satake.

Yang menarik dari surat Telegram rotasi Kapolri ini diantaranya terjadinya pergantian posisi jabatan Kapolresta Padang yang notabene nya ibu kota Provinsi Sumbar.

Dalam surat telegram itu, sebut Satake, tercatat Kapolresta Padang Kombes Yulmar Tri Himawan digantikan oleh AKBP Imran Amir.

Kombes Yulmar selanjutnya akan bertugas sebagai Analisis Utama Baintelkam Mabes Polri. Sebagai Kapolresta Padang yang baru yakni AKBP Irman Amir yang sebelumnya Kabag Dalops Roops Polda Sumbar dan juga pernah menjadi Kapolres Dharmasraya.

Selain itu, dalam TR No. ST/2248/VIII/KEP./2020 itu itu juga disebutkan mutasi enam Kapolres lainnya di Sumbar. Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso mendapat pindah tugas sebagai Kasi Invidrek Subdit Jemenopsprek Ditkamsel Korlantas Polri.

Posisi yang ditinggalkannya diisi AKBP Dody Prawiranegara yang saat ini Kapolres Kepulauan. Kasiopsnal di Korpolairud Baharkam Polri AKBP Mu'at bakal memegang Kapolres Mentawai. Kemudian Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval pindah ke Polda Sumbar sebagai Kabag Binkar ROSDM.

Penggantinya AKBP Sri Wibowo yang saat ini Kapolres Limapuluh Kota. Posisi Kapolres Limapuluh Kota bakal dijabat AKBP Trino Eko Santoso yang saat ini bertugas di Polda Kalimantan Barat.

Selanjutnya Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya diserahi jabatan Kabag Wassidik Ditreskrimum Polda Sumbar. Posisinya digantikan AKBP Dedi Nur Andriansyahyang sebelumnya Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sumbar.

Kemudian Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan bakal bertugas sebagai Kasubbag Renmin Dittipidnarkoba Bareskrim Polri. Ia digantikan AKBP Alex Prawira, Koorspripim Polda Sumbar.

Komentar