Curi Alat Pelaminan, 'Ketua' Ditangkap Tim Elang

Metro-570 hit 13-08-2020 19:30
Tim Elang Polres Kota Padang saat menangkap 'Ketua', Kamis dini hari (13/8). (Dok : Istimewa)
Tim Elang Polres Kota Padang saat menangkap 'Ketua', Kamis dini hari (13/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Berbekal rekaman CCTV dari tempat kejadian perkara (TKP) pencurian, Tim Elang Satreskrim Polresta Padang menangkap satu dari dua pelaku pencurian dengan pemberatan (curat). Untuk satu pelaku lainnya hingga kini masih dalam pencarian polisi.

Pelaku curat yang ditangkap Tim Elang ini Deni Satria alias Ketua (45), dibekuk di Los daging Pasar Inpres Tahap III Pasar Raya Padang, Kamis dini hari (13/8) sekitar pukul 02.00.

Berdasarkan laporan polisi nomor LP/422/B/VIII/2020/ tanggal 12 Agustus 2020 atas nama pelapor Yulianti Utama yang melaporkan toko miliknya yang menjual peralatan pesta di komplek eks Adabiah, Pasar Raya Padang, Kelurahan Kampung Jao Dalam, Kecamatan Padang Barat telah dimasuki maling.

Baca Juga

Tidak butuh lama, petugas kepolisian dari Tim Elang Satreskrim Polresta Padang yang telah mengantongi wajah pelaku dengan bermodalkan rekaman CCTV toko, langsung menangkap pelaku beserta barang bukti berupa satu unit becak motor yang digunakan pelaku untuk membawa hasil curiannya, serta dua karung yang masing-masingnya berisi kain saten alat pelaminan bewarna merah maron.

Saat diinterogasi, pelaku mengaku saat beraksi dibantu seorang rekannya panggilan Zal Lecet yang saat ini masih dicari polisi.

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, dalam melakukan aksinya pelaku lebih dulu memantau keadaan targetnya yang saat itu dalam keadaan kosong yang ditinggal pemiliknya pada malam hari.

"Setelah menemukan sasaran, pelaku kemudian membuka daun pintu terali besi yang ada di lantai paling atas Ruko tersebut. Selanjutnya pelaku masuk ke dalam ruko dan mengambil barang-barang milik korban, dan mengeluarkan barang-barang tersebut melalui pintu terali yang pelaku buka tadi," terang Rico Fernanda.

Kemudian, lanjut dia, pelaku membawa barang-barang tersebut melalui Los daging yang ada di belakang Ruko tersebut dan selanjutnya membawa dengan menggunakan becak motor.

Dijelaskan Rico, berdasarkan rekaman CCTV dan hasil penyelidikan di lapangan, anggota unit VI Satreskrim Polresta Padang mendapat petunjuk tentang pelaku dalam perkara pencurian tersebut.

Kemudian setelah dicek keberadaan pelaku, selanjutnya anggota Opsnal mengamankan satu orang pelaku bernama Deni alias Ketua tersebut.

"Setelah di interogasi tersangka Deni mengakui bahwa dirinya telah melakukan tindak Pidana Pencurian tersebut di atas bersama dengan Zal Lecet yang saat ini masih dicari keberadaannya," terang Rico lagi.

Selanjutnya Tim Elang mengamankan becak motor dan barang bukti berupa satu buah daun pintu terali besi, karung kain saten pelaminan warna merah maron yang digunakan dan diambil oleh tersangka dalam pencurian tersebut.

"Saat ini satu pelaku telah mendekam di sel tahanan Polresta Padang dan masih dilakukan pengembangan untuk menangkap satu pelaku lagi. Sementara itu untuk pelaku diancam dengam pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun penjara," tutup Rico.

Komentar