Polresta Padang Segera Miliki TMC

Metro-114 hit 18-08-2020 19:37
Lokasi TMC Polresta Padang yang akan segera diresmikan penggunaannya, Selasa (18/8). (Foto : Can)
Lokasi TMC Polresta Padang yang akan segera diresmikan penggunaannya, Selasa (18/8). (Foto : Can)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Padang segera memiliki fasilitas Traffic Management Center (TMC) yang berguna memantau kondisi lalu lintas serta kejadian lain di wilayah hukum Polresta Padang.

Fasilitas TMC Polresta Padang ini berada di Satpas SIM Polresta Padang yang merupakan bangunan mushala lama yang saat ini telah di pindahkan ke depan Mako Polresta Padang.

Sementara itu, fasilitas TMC ini akan memiliki 15 titik kamera pengawas atau CCTV yang tersebar di perempatan dan pertigaan Kota Padang.

Baca Juga

Kamera pengawas tersebut rata-rata ditempatkan di persimpangan jalur utama yang memiliki kepadatan arus relatif tinggi di banding lokasi lain.

"Semua CCTV tersebut kami kendalikan dari TMC ini, sehingga kami bisa mengetahui secara riil kondisi arus lalu lintas atau jika ada kejadian misalkan kecelakaan di persimpangan akan mudah dipantau, sekaligus menjadi pemantauan pelanggan" ujar Kasatlantas Polresta Padang AKP Syukur Hendri Saputra, kepada wartawan, Selasa (18/8).

Disebutkan Syukur, ada 10 titik persimpangan yang dipasang CCTV yang berfungsi sebagai monitoring berupa keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas.

Sementara itu lima titik yang dipasang CCTV akan terapkan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau e-tilang.

"Sebanyak 10 titik CCTV yang melakukan monitoring Kamseltibcar yaitu Simpang Polresta, Simpang Mandiri, Simpang Ulak Karang, Simpang Borobudur, Simpang Olo Ladang, Simpang Alai, Simpang Hang Tuah, Simpang By pass Lubeg, Simpang By pass Ketaping, Simpang Kampung Lalang," ujar Syukur lagi.

Sementara itu, lima titik persimpangan yang akan menerapkan e-tilang yaitu Simpang DPRD, Simpang Ujung Gurun, Simpang Bank Indonesia, Simpang Lamun Ombak, dan Simpang Jam Ria.

"Pada lima titik yang menerapkan e-tilang ini nantinya akan memakai kamera khusus yang sudah memiliki spesifikasi yang layak untuk mendukung e-TLE, dan akan menerapak tilang elektronik kepada pelanggar berupa pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang menggunakan Handphone (HP), serta perputaran arah (U turn) Simpang BI," lanjut Kasat Lantas ini.

Diharapkan, Syukur, dengan adanya TMC yang menurut rencana akan diresmikan dalam waktu dekat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Khusus bagi kepolisian dengan adanya TMC dapat membantu dalam memantau kondisi lalu lintas hanya dengan melalui layar monitor.

Komentar