Gubernur Dorong Daerah Terus Fasilitasi Pendaftaran HAKI

Metro- 19-09-2023 19:19
Gubernur Sumbar Mahyeldi beri sambutan dalam acara Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak, yang digelar Kakan Wil Kemenkum HAM Sumbar  di Padang, Selasa (19/9). (Dok : Istimewa)
Gubernur Sumbar Mahyeldi beri sambutan dalam acara Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak, yang digelar Kakan Wil Kemenkum HAM Sumbar di Padang, Selasa (19/9). (Dok : Istimewa)

.

"Pelaku industri kreatif dan pelaku UMKM. Pokoknya bagi mereka yang memiliki merek dagang, temuan, paten, dan lain sebagainya, untuk segera berkonsultasi ke Kanwil Kemenkum HAM agar segera mendapatkan HAKI. Ini penting untuk melindungi karya dari kemungkinan diplagiasi," ujarnya lagi.

Dalam sambutannya, Mahyeldi juga menyebutkan, saat ini terdapat beberapa pemkab dan pemko yang memfasilitasi HAKI di Sumbar antara lain Pemkab Agam, Pemkab Padangpariaman, Pemko Pariaman, Pemkab Limapuluh Kota, serta Pemko Padang.

Di sisi lain, Direktur Jenderal HAKI Kemenkum HAM RI, Min Usihen, dalam sambutannya menjelaskan pentingnya pemilik karya untuk segera memastikan karya yang dihasilkan telah memiliki HAKI. Sehingga, karya tersebut semakin terlindungi dari potensi diplagiasi oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

"Kami mengapresiasi pemprov serta pemkab dan pemko di Sumbar yang telah serius dalam memfasilitasi pengurusan HAKI bagi para pemilik karya atau temuan. Dalam kesempatan MIC ini, melalui Kanwil Kemenkum HAM Sumbar juga membuka klinik-klinik tempat konsultasi bagi seluruh pemilik kekayaan intelektual, agar segera mendapatkan HAKI atas karya-karyanya," ucap Min Usihen. (drz/adpsb)

Komentar