Masyarakat Diajak Memakmurkan Masjid

Metro-168 hit 30-08-2020 22:45
Ketua Pimpinan Harian DMI Sumbar, Duski Samad seusai serahkan penghargaan marwah dan imarah masjid kepada sejumlah tokoh Sumbar, Minggu (30/8). (Dok : Istimewa)
Ketua Pimpinan Harian DMI Sumbar, Duski Samad seusai serahkan penghargaan marwah dan imarah masjid kepada sejumlah tokoh Sumbar, Minggu (30/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Semangat membangun dan memakmurkan masjid jadi salah satu topik penting yang dibicarakan dalam Rakerwil Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumbar yang digelar secara virtual, di Aula Masjid Raya Sumbar, Minggu (30/8).

Selain Rakerwil, DMI Sumbar juga lakukan pemberian penghargaan marwah dan imarah masjid kepada sejumlah tokoh Sumbar yang dinilai memberikan kontribusi bagi pembangunan masjid di Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang membuka acara itu mengatakan semangat membangun masjid harus diiringi dengan semangat memakmurkan masjid dan memenuhi kebutuhan masjid.

Baca Juga

"Jika kurang salah satunya, maka akan timpanglah hasilnya," kata Nasrul Abit.

Atas nama Pemprov Sumbar, dirinya meminta DMI Sumbar agar menyiapkan sarana dan prasarana masjid yang ada saat ini.

"Kebutuhan masjid harus diperhatikan, terutama air yang selalu tak pernah kering untuk keperluan jamaah. Kemudian, mempersiapkan imam, dan mempersiapkan yang lainnya," kata Nasrul Abit lagi.

Wagub mengimbau kepada khatib Jumat, agar jangan berlama-lama memberikan khutbah, apa lagi dalam kondisi pandemi saat ini.

"Sampaikanlah yang pokok-pokoknya saja, jangan lama-lama memberikan khutbah Jumat. Tentunya tetap memperhatikan syarat khutbah,"tegasnya.

Ketua Pimpinan Harian Dewan Masjid Indonesia, Duski Samad, mengapresiasi di Sumbar sudah ada banyak individu yang melakukan hal serupa. Ia memberikan contoh Masjid Rahmatan Lil 'Alamin di UPI YPTK Padang, Masjid Baiturrahmah Bypass, dan lainnya.

"Di beberapa daerah di Sumbar, masjid yang dibangun oleh individu tertentu, mereka langsung turun tangan menjaga dan merawat masjid tersebut. Hasilnya, masjid jadi terawat dan enak untuk dikunjungi jamaah dari mana saja," kata Duski.

Duski Samad juga mengatakan, rapat kerja wilayah DMI, tidak hanya membicarakan memakmurkan masjid.

"Namun bagaimana pembentukan pembagunan ekosistem syariah berbasis masjid," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, DMI memberikan penghargaan marwah dan imarah masjid kepada tujuh nama yang berjasa dalam pembangunan masjid.

Mereka adalah Irwan Prayitno, Gamawan Fauzi, Marlis Rahman (almarhum), Amran Sutan Sulaiman, Herman Nawas, Yulius Said dan Yunizar Paraman.

Komentar