Empat Balon Cagub/Cawagub Lolos Pemeriksaan Kesehatan

Metro-160 hit 13-09-2020 17:22
Anggota KPU Sumbar, Izwaryani. (Dok : Istimewa)
Anggota KPU Sumbar, Izwaryani. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah menerima berkas hasil pemeriksaan kesehatan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dari tim pemeriksa kesehatan yang ditunjuk oleh KPU.

"Dokuken hasil pemeriksaan kesehatan itu diterima KPU, Sabtu (12/9). Dan hasilnya baik semuanya dan memenuhi syarat, tidak ada dari empat bapaslon itu yang positif narkoba," kata Anggota KPU Sumbar, Izwaryani saat dihubungi Arunala.com , terkait hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing balon gubernur dan wakil gubernur itu, Minggu (13/9).

Setelah keluarnya hasil pemeriksaan kesehatan itu, Izwaryani menyebutkan pihak segera menindaklanjutinya dengan memplenokan hasil itu pada Senin (14/9) besok.

Baca Juga

Setelah tahap pemeriksaan kesehatan selesai, lanjut Izwaryani, akan dilanjutkan ke tahap penyerahan hasil penelitian administrasi dari syarat calon yang diserahkan balon saat mendaftar kemarin.

"Di tahap ini kami akan menyampaikan kepada balon untuk memperbaiki syarat calon mereka kalau ada yang belum memenuhi syarat," terang Izwaryani lagi.

Kemudian, sambungnya, hasil perbaikan syarat calon yang masih kurang atau belum memenuhi syarat itu harus diserahkan balon ke KPU Sumbar pada 14-16 September ini.

Ditanya adakah peluang bagi balon dinyatakan gagal ikut pencalonan meski mereka lolos di tahapan pemeriksaan kesehatan? Izwaryani menjawab bisa saja peluang itu ada.

"Apabila para balon ini tidak menyerahkan hasil perbaikan dari penelitian administrasi yang diminta KPU," kata Izwaryani lagi.

Sementara ditanya apakah ada diantara balon kepala daerah untuk kabupaten kota yang pilkada, positif narkoba pasca-pemeriksaan kesehatannya?

Untuk hal ini Izwaryani menjawab KPU Sumbar belum melakukan rekap terhadap hasil itu dari KPU kabupaten kota.

"Sebab KPU daerah itu belum melalukan pleno penetapan terhadap penerimaan hasil pemeriksaan kesehatan bapaslon yang ada di tempat mereka. Kemungkinan Senin besok (14/9) baru didapat hasilnya," ungkap Izwaryani.

Seperti diketahui, pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 ini, KPU Sumbar menerima empat pasang bakal calon, mereka itu masing-masing, pasangan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy yang diusung PKS dan PPP.

Kemudian pasangan Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra. Lalu Fakhrizal-Genius Umar dan Mulyadi-Ali Mukhni. Fakhrizal-Genius, yang diusung Golkar, Nasdem, PKB, dan satu partai pendukung yakni PBB. Terakhir pasangan Mulyadi-Ali Mukhni yang diusung Demokrat-PAN.

Komentar