Pasien Covid Baru di Tanah Datar Bertambah 13 Orang

Metro-72 hit 19-09-2020 21:35
Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tanah Datar, Roza Mardiah. (Dok : Istimewa)
Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tanah Datar, Roza Mardiah. (Dok : Istimewa)

Penulis: MA Datuk | Editor: MN. Putra

Tanah Datar, Arunala - Sampai Sabtu (19/9) ini, total pasien terkonformasi positif Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar tercatat sebanyak 167 orang. Ini dikarenakan ada penambahan 13 kasus positif baru yang muncul di kabupaten itu dari hari Sabtu tersebut.

Kemudian di hari itu juga, ada satu pasien meninggal yakni laki-laki (45), warga Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas, pekerjaan tani.

Hal ini diungkapkan Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tanah Datar, Roza Mardiah terkait perkembangan Covid-19 di kabupaten itu, Sabtu (19/9).

Baca Juga

"Dari 167 orang yang terkonfirmasi positif hari ini (Sabtu,red), sebanyak tiga orang pasien diantaranya dirawat di RS Unand, lalu satu pasien di RSAM Bukittinggi, Lima orang di RSU M Djamil Padang, satu orang di RS Rasidin Padang, dan 22 orang di karantina PPSDM Baso," ujar Roza Mardiah.

Selain itu, lanjutnya, dua orang pasien jalani karantina di Diklat Padang Besi, 41 orang jalani isolasi mandiri, sedangkan sebanyak 86 pasien dinyatakan sudah sembuh.

"Untuk total pasien Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Tanah Datar hingga Sabtu ini sebanyak enam orang," kata Roza Mardiah lagi.

Dia melanjutkan, untuk pasien yang suspect sebanyak 13 orang, probable satu orang dan pelaku perjalanan sebanyak 47 orang.

Menyangkut 13 orang yang suspect Covid-19 di Tanah Datar itu, urai Roza, tersebar di lima kecamatan masing-masing Kecamatan X Koto ada empat orang, kemudian dua orang di Kecamatan Batipuh. Lalu tiga orang pasien di Kecamatan Limo Kaum.

Selanjutnya dua pasien lagi di Kecamatan Tanjung Emas, lalu satu orang pasien lagi di Kecamatan Tanjung Alam, serta satu warga lagi di Kecamatan Tanjung Baru.

"Penambahan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan hari ini, berdasarkan hasil swab terhadap kasus terkonfirmasi sebelumnya. Meski demikian pihak Dinkes Tanah Datar terus berupaya melakukan tracing, dan treatment bagi pasien Covid-19," tutur Roza Mardiah.

Menyangkut jumlah pasien sembuh, jelas Roza, tercatat ada lima orang masing-masing satu orang pria (27), warga Taluak Kecamatan Lintau Buo, lalu tiga perempuan dan satu pria asal Kecamatan Limo Kaum.

Komentar