Pilgub Sumbar Resmi Diikuti Empat Paslon

Metro-497 hit 23-09-2020 16:48
Para komisioner KPU Sumbar bersama Kesekretariatan lakukan rapat pleno tertutup tentang penetapan calon, Rabu (23/9). (Foto : Amz)
Para komisioner KPU Sumbar bersama Kesekretariatan lakukan rapat pleno tertutup tentang penetapan calon, Rabu (23/9). (Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Empat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, resmi ditetapkan KPU Sumbar sebagai pasangan calon (Paslon) pada Pilgub Sumbar 2020 pada Desember nanti melalui rapat pleno tertutup, Rabu (23/9).

Para paslon yang ditetapkan itu adalah Mahyeldi-Audy yang diusung PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar diusung Golkar, PKB dan Nasdem, serta Mulyadi-Ali Mukhni diusung Demokrat-PAN.

"Semua calon yang mendaftar kemarin semuanya memenuhi syarat. Sehingga semua bapaslon kami tetapakan menjadi paslon," kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani kepada Arunala.com usai rapat pleno.

Baca Juga

Penetapan paslon itu, sebut Izwaryani, ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Nomor.63/PL.02.3-Kpt/13/KPU-Prov/IX/2020, tertanggal 23 September 2020 yang ditandatangani ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Dia melanjutkan, usai penetapan dilakukan, akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon pada Kamis 24/9) yang mengambil tempat di Hotel Grand Inna Padang.

"Rencananya pengundian nomor urut itu kami batasi jumlah yang hadir dalam ruangan. Ini sesuai dengan Juknis-nya KPU," sebut Izwaryani.

Ditanya kenapa rapat pleno penetapan molor sekitar 1,5 jam? Izwaryani menyebutkan hal itu dikarenakan pihaknya menunggu hasil pemeriksaan kesehatan terakhir dari salah seorang bakal calon wakil gubernur dari tim pemeriksa kesehatan.

"Hasil salah satu calon ini ditunda dulu keluarnya oleh tim dokter, karena calon ini sebelumnya sempat dinyatakan positif Covid. Setelah hasil swab lanjutan keluar dan hasilnya negatif, calon ini kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan pada 21-22 September lalu," jelas Izwaryani lagi.

Tapi kini, kata dia, semuanya sudah clear. "Untuk Pilgub Sumbar ini resmi diikuti empat pasang calon," kata Izwaryani.

Komentar